Tuesday, October 22, 2013

[batavia-news] Kemiskinan di Banten: Saat ”Rumah” Atut Tak Sesuai Harapan

 

 

Kemiskinan di Banten: Saat "Rumah" Atut Tak Sesuai Harapan

  • Selasa, 22 Oktober 2013 | 10:13 WIB
Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah beserta kerabatnya menguasai 175 proyek di Provinsi Banten dalam rentang waktu 2011-2013 dengan total nilai Rp 1,148 triliun. | KOMPAS
Ironisnya, menurut laporan Bank Indonesia, Banten mengalami pertumbuhan ekonomi pesat. Pada triwulan II-2013, pertumbuhan mencapai 5,66 persen atau mendekati pertumbuhan nasional 5,81 persen.

Provinsi dengan jumlah penduduk 12 juta jiwa yang tersebar di delapan kabupaten/kota, tercatat punya nilai ekspor 9,48 miliar dollar AS tahun lalu.

Badan Pusat Statistik (BPS) Banten juga mencatat, produk domestik regional bruto Banten naik dari tahun ke tahun. Ini berarti pendapatan rata-rata penduduk membaik. Namun, kemiskinan justru meningkat. Jika per Maret 2012 jumlah orang miskin di Banten 652.766 jiwa, pada Maret 2013 jumlahnya menjadi 656.243 jiwa.
 
Angka pengangguran juga masih tinggi. Hingga Februari lalu, jumlah penganggur 552.895 jiwa atau 10,10 persen dari angkatan kerja sebanyak 4,9 juta jiwa. Celakanya, angkatan kerja di Banten sebagian besar hanya SD.

Meski demikian, menyikapi kemiskinan di Banten, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Muhadi berkilah semua provinsi menghadapi hal yang sama. "Jika mengutip data BPS, tahun ini tingkat kemiskinan nasional 11,37 persen, dan di Banten hanya 5,74 persen. Ini berarti kami lebih baik menanganinya jika dibandingkan nasional," ujarnya.

Sorotan terhadap Atut sekarang ini diharapkan Muhadi jangan membuat penilaian negatif. Sebab, kepemimpinan Atut dinilai sukses membuat Banten unggul di beberapa bidang. (Dahlia Irawati)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment