Thursday, February 7, 2013

Mengapa Rhoma Irama bisa jadi capres paling populer?


Kharisma raja dangdut Rhoma Irama ternyata masih sangat besar. Bukan hanya di atas panggung, di luar panggung pun Rhoma seolah masih menjadi 'raja'. Ketenaran Rhoma saat ini bahkan mengalahkan siapa pun.

Survei yang dilakukan Tim Pusat Data Bersatu (PDB) menyatakan Rhoma menjadi capres terpopuler dengan pertanyaan terbuka (top of mind). Popularitas Rhoma Irama mampu mengalahkan para tokoh senior seperti Megawati, Prabowo, Aburizal Bakrie, juga Joko Widodo.

Dalam survei popularitas tersebut, Rhoma mendapatkan 25,8 persen suara jauh meninggalkan kandidat yang lain. Di peringkat kedua ada Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie dengan 16,9 persen, lalu berikutnya Prabowo dengan 16,6 persen. Peringkat keempat top of mind adalah Megawati Soekarnoputri dengan 12,2 persen dan peringkat kelima Gubernur DKI Jakarta dengan 8,8 persen.

Dalam survei PDB, soal popularitas (top of mind) tidak ada yang bisa menandingi Rhoma, apa sebabnya?

"Ya karena Rhoma itu sudah sangat terkenal. Orang yang yang tahu dangdut pasti tahu Rhoma, wajar kalau dia sangat populer," ujar bos PDB Didik J Rachbini. Menurut Didik, di masyarakat pedesaan Rhoma Irama masih sangat beken. Hal inilah yang membuat pelantun lagu 'Begadang' ini menjadi tokoh terpopuler yang masuk kandidat capres saat ini.

"Apalagi survei kita sebagian besar memang di pedesaan, sehingga wajar kalau Rhoma Irama terpopuler," terangnya.

Rhoma Irama mulai muncul sebagai salah satu capres ketika Wadah Silaturahim Asatidz, Tokoh dan Ulama (Wasiat Ulama) menyatakan dukungannya akhir lalu. Rhoma sendiri kemudian mulai bersafari ke beberapa daerah untuk memperkenalkan diri siap maju sebagai capres.

Jika dihitung-hitung, cuma 3 bulan saja bagi si raja dangdut ini untuk masuk ke dalam lima besar capres yang paling populer versi PDB. Capres yang dia kalahkan pun tak tanggung-tanggung, Aburizal Bakrie, ketua umum partai terbesar, Partai Golkar, dan juga mantan Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla.

Sedangkan dalam hal capres potensial untuk Pilpres 2014 mendatang, Rhoma Irama juga bersaing kuat dengan kandidat lain. Bahkan Rhoma mampu mengungguli tokoh seperti Aburizal Bakrie, Jusuf Kalla, dan Wiranto.

No comments:

Post a Comment