Friday, February 8, 2013

Ternate Siap Gelar Pesta Rakyat

Pesta rakyat demi memperingati ulang tahun Sultan Ternate (Legu Gam) tahun ini akan diselenggarakan secara beda. Rencananya, masyarakat Ternate bakal menyuguhkan kado spesial bagi sang Sultan, Mudhafar Sjah, yakni pemecahan rekor acara bakar nasi bambu terpanjang di Indonesia. Menurut Ketua Panitia Legu Gam, Arifin Djafar, rencananya panitia perayaan bakal menggelar bakar nasi bambu sepanjang 10 kilometer, memecahkan rekor yang sebelumnya pernah dibuat. Acara ini bertujuan untuk menguatkan nilai tradisional. Nasi bambu adalah makanan khas maluku utara,"kata Arifin.

Menurut Arifin, selain kegiatan bakar nasi bambu, Legu Gam 2013 juga akan menampilkan tarian soya-soya dalam air. Dalam acara ini, panitia bakal mengundang pemerintah daerah di regional Sulawesi, Maluku dan Papua. "Yang pasti kami menginginkan pesta rakyat tahun ini benar benar dinikmati masyarakat Maluku Utara," ujar Arifin.
 
Sementara itu Permaisuri Sultan Ternate Boki Nitha Budhi Susanti mengatakan, acara Legu Gam merupakan acara yang rutin dilakukan setiap tahun. Acara ini merupakan momentum untuk membangkitkan kembali nilai budaya yang sempat terlupakan. "Kami mengingingkan rakyat bisa berpesta memperingati ulang tahun sultan. Dan acara tahun ini sudah yang kesekian kali," katanya. Selanjutnya Anggota DPR RI ini mengungkapkan, legu gam 2013 dipastikan akan menampilkan budaya maluku utara secara utuh. dan pemerintah pusat pun telah menjadikan acara ini sebagai destinasi pariwisata Indonesia.

No comments:

Post a Comment