Friday, February 8, 2013

Polda Siapkan 3000 Personel Amankan Pilkada Malut

Polda Maluku Utara (Malut) menyiapkan sedikitnya 3000 personel untuk mengamankan agenda pilkada Malut pada tahun 2013. Kapolda Malut, Brigjen Pol Affan Richwanto di Ternate, Sabtu mengatakan, Polda Malut akan mengerahkan sedikitnya 3000 personel untuk mengamankan tahapan pilkada Malut hingga hari H pencoblosan yang jatuh pada 1 Juli 2013.Ia mengatakan, meskipun pencoblosan pilkada Malut pada 1 Juli 2013 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Bhayangkara, akan tetapi Polda Malut tetap menjalankan tugasnya dalam mengamankan jalannya pilkada Malut.
Menurut dia, jumlah personel yang disiagakan itu sebanyak 2/3 dari keseluruhan personel Polda Malut, itupun kalau masih dianggap kurang kemungkinan akan diusulkan BKO dari Mabes Polda dan TNI disesuaikan dengan kondisi kamtibmas nanti. Oleh karena itu, pecan depan, saya akan memanggil seluruh Kapolres di Kabupaten/\Kota di Malut untuk mengevaluasi pengamanan pilkada Malut sekaligus mendeteksi sejumlah titik-titik rawan di wilayah masing-masing, katanya.
Selain itu, Polda Malut juga telah mengantisipasi berbagai langkah untuk melakukan pengamanan pilkada Malut, salah satunya melakukan seleksi para calon pengawal calon Gubernur/Wakil Gubernur Malut yang telah ditetapkan oleh KPU setempat.
Affan juga mengakui, saat ini Polda Malut juga telah melakukan pendataan awal jumlah TPS dan PPK di semua kabupaten/kota di Malut, sehingga akan disesuaikan dengan jumlah personel yang ditugaskan. Sehingga, dirinya berharap agar pelaksanaan pilkada Malut tahun 2013 ini semua elemen bisa menjaga kamtibmas bersama-sama, agar masalah kamtibmas pada pilkada Malut tahun 2007 tidak lagi terulang pada tahun ini. 

Sementara itu, Sekdaprov Malut, Madjid Husen ketika dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, Pemprov Malut telah menyiapkan anggaran untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada Malut 2013. Ia mengatakan, dana yang diakomodir itu dianggarkan sebesar Rp. 40 miliar untuk putaran pertama dan Rp. 20 miliar diakomodir untuk kebutuhan pilkada Malut putaran kedua.

No comments:

Post a Comment