Saturday, May 31, 2014

[batavia-news] Biaya Ibadah Haji Dipastikan Turun 8,2%

 

re:  Tiap tahun berangkat jemah haji 200.000 orang, kalau tiap jemah harus setoran sebelum berangkat, maka pasti setoran itu didepositkan ke bank. Bank memberikan bunga.  Mengingat jumlah jemaah yang harus menyetor uang jauh sebelum berangkat, maka tentu saja hasil dari bunga setoran itu tidak sedikit. Ke kantong siapa saja bunga setoran umat dimasukan? 
 
 
 

Biaya Ibadah Haji Dipastikan Turun 8,2%

Sabtu, 31 Mei 2014 Penulis: Che/Tlc/X-4
BIAYA Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada 2014 turun hingga 8,2% jika dibadingkan dengan tahun sebelumnya. Keputusan presiden (keppres) terkait dengan penurunan PBIH itu telah ditandatangani Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

''Keppresnya sudah keluar. Turun (BPIH) sekitar 8,2% daripada tahun lalu. Jumlah pastinya nanti saya sampaikan,'' katanya di Istana Cipanas, Bogor, Jawa Barat, kemarin. Sebelumnya, BPIH pada 2013 sebesar US$3.527 dengan asumsi satu dolar AS setara dengan Rp9.600.

Agung menyatakan penurunan biaya haji ini sebagai langkah efisiensi yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag). Dengan keluarnya keppres tersebut, Kemenag segera menindaklanjuti peraturan turunan tentang batas pelunasan biaya haji bagi mereka yang masuk kuota tahun ini.

Lebih jauh Agung menjelaskan bahwa penurunan BPIH terjadi karena beberapa hal. Misalnya, komponen biaya penerbangan, pemondokan, dan catering bisa lebih diefisienkan.

Menurut Agung, selain penetapan BPIH yang lebih murah, keppres juga mengatur kuota calon haji, batas pelunasan dan bank yang mengurus biaya haji yang baru. Namun, Agung tidak bisa menjelaskan lebih rinci lantaran tengah sibuk rapat di kompleks Istana Cipanas.

''Nanti (rinciannya) akan dibahas dalam rapat dengan eselon I dan II Kemenag.'' Agung berharap penyelenggaraan haji tahun ini tetap berjalan dengan baik walaupun kementerian yang dipimpinnya sementara ini tengah mengalami persoalan, yakni terkait dengan ditetapkannya mantan Menteri Agama Suryadharma Ali sebagai tersangka dugaan korupsi.

Untuk itu, Agung memerintahkan semua pejabat dan pegawai di lingkungan Kemenag harus bangkit untuk menghindari terjadinya demoralisasi. ''Mereka harus bekerja keras. Peristiwa yang menimpa kementerian ini jangan sampai menurunkan kualitas penyelenggaraan haji. Bahkan harus lebih baik,'' tegasnya.

Terkait dengan pengunduran diri Anggito Abimanyu dari jabatan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Agung menyambut baik. Dengan demikian, Anggito bisa fokus untuk menghadapi dugaan kasus korupsi dana haji.

 

__._,_.___

Posted by: "Sunny" <ambon@tele2.se>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment