Wednesday, May 28, 2014

[batavia-news] Suku Dayak Basap Kembangkan Pasak Bumi

 

 
 
 

Suku Dayak Basap Kembangkan Pasak Bumi

Foto / Ist

Menanam kembali ribuan pohon tanaman pasak bumi--flora asli Kalimantan yang mulai langka.

SANGATTA - Warga suku Basap di desa Karangan Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur kini mulai mengembangkan tanaman kayu Pasak Bumi untuk menyelamatkan dari kepunahan akibat kerusakan hutan.

Firmansyah 42 tahun salah satu warga Suku Basap Desa Karangan, Selasa, mengatakan sejak tiga tahun lalu, mulai menanam Pasak Bumi jumlahnya ribuan pohon dan sekarang sudah ada yang besar.

"Saya menanam pasak bumi karena ini salah satu tumbuhan asli Kalimantan yang langka namun banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia," kata Firmansyah, Selasa.

Menurut dia, pasak bumi adalah tumbuhan yang banyak manfaatnya bagi manusia sebagai obat dan ramuan tradisional,namun tidak ada lagi yang mau menanam dan membudidayakannya.

Ditanyakan luas dan jumlah pohon pasak bumi yang ditanam, Firmansyah mengatakan tidak lagi dihitung berapa banyak, namun mencapai ribuan pohon dan luasnya satu gunung itu sudah dipenuhi pasak bumi.

"Saya tidak menghitung jumlahnya, yang pasti ribuan dan luasnya satu gunung lebih. Ukurannya mulai kecil sampai besar," katanya menambahkan.

Dia mengatakan, akan terus menanam dan mengembangkannya pasak bumi di kampungnya, karena suatu saat ini jenis tumbuhan itu akan punah akibat pembukaan lahan kebun sawit dan pertambangan batubara.

"Saya ingin menjadikan kampung Karangan ini sebagai pusat pengembangan dan budidaya tanaman pasak bumi," katanya.

Saya juga akan terus mengajak warga lain, terutama sesama kami suku Basap yang memang harus sama-sama menjaga hutan termasuk juga harus menanam pasak bumi.

Pasak bumi bagi suku Basap merupakan obat paling mujabat dan ampuh untuk kesehatan tubuh," ujar Firmansyah dan menyebut beberapa khasiatnya, seperti sakit pinggang, obat malaria, penyakit kuning, capek badan hingga obat kuat untuk pria dan lainnya.


Sumber : Ant

__._,_.___

Posted by: "Sunny" <ambon@tele2.se>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment