Sunday, May 25, 2014

[batavia-news] Ini Janji Jokowi-JK soal HAM

 

res: Sudah menjadi tradisi para politikus dan petinggi berkuasa di NKRI berjanji muluk-muluk pada kampanye pemilihan umum, tetapi pada umumnya apa yang dijanjikan sangat berbeda diametral dengan apa yang ditepati setelah pemilihan umum.Singkatnya nol ditepati. Jadi yang berharap atau
 memperjuangkan  agar pelanggaran HAM yang dilakukan oleh negara dan aparatnya dapat diselesaikan sebagaimana mestinya tidak akan kecewa bila dalam  masa kekuasaan 5 tahun mendatang apa yang dijanjikan hanya menjadi semboyan Pemilu belaka.
 
Hal ini didasarkan pada pengalaman masa silam (bukankah pengalaman adalah guru terbaik?), karena  boss Jokowi baik sebagai anggota DPR pada masa Suharto maupun semasa sesudah menjadi presiden NKRI  masalah pelanggaran HAM  absen dari agendanya, begitu pun halnya dengan JK yang pernah menjadi wakil presiden.
 
Beberapa contoh pelanggaran HAM ialah  pembunuhan  masal  tahun 1965/1966 dan penawanan ratusan ribu orang untuk bertahun-tahun tanpa dibuktikan kesalahan mereka melalui pengadilan, pelanggaran HAM semasa DOM di Aceh, pembunuhan-pembunuhan di Papua, masalah pengiriman Laskar Jihad ke Sulawesi Tengah dan Maluku, persitiwa kerusuhan Mei 1988.
 
Syukuralhamdullilah dan terimakasih sebesar-besarnya jika apa yang dijanjikan dapat diselesaikan sebagaimana mestinya. Akchirnya seperti kata orang seberang lautan : "seeing is believing"!
 
 

Ini Janji Jokowi-JK soal HAM

Rabu, 21 Mei 2014 | 16:30 WIB
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN Bakal calon presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama bakal calon wakil presiden Jusuf Kalla, saat acara deklarasi pasangan tersebut di Gedung Joang 45, Jalan Menteng Raya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/5/2014). Pasangan itu diusung empat partai, yaitu PDI Perjuangan, NasDem, PKB, dan Hanura.

 


JAKARTA, KOMPAS.com
— Pasangan bakal calon presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon wakil presiden Jusuf Kalla (JK) menawarkan program pemuatan materi tentang Hak Asasi Manusia (HAM) pada kurikulum pendidikan umum. Pasangan itu juga berjanji menyelesaikan masalah HAM masa lalu dan merevisi Undang-Undang Peradilan Militer.

Hal itu tertuang dalam visi misi Jokowi- JK yang dimuat dalam dokumen pendaftaran pasangan capres dan cawapres yang diunggah Komisi Pemilihan Umum ke situs web www.kpu.go.id.

Dalam visi misi sebanyak 41 halaman itu, Jokowi-JK menyatakan perlu memasukkan muatan HAM dalam kurikulum pendidikan umum di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, serta di dalam kurikulum pendidikan aparat negara seperti TNI dan Polri.

Untuk penanganan kasus HAM masa lalu, salah satu poin dari 42 prioritas utama kebijakan penegakan hukum, pasangan ini berkomitmen akan menyelesaikan kasus kerusuhan Mei, Trisakti, Semanggi 1 dan 2, Penghilangan Paksa, Talang Sari-Lampung, Tanjung Priok, dan Tragedi 1965. Dijelaskan, kasus HAM masa lalu masih menjadi beban politik bagi bangsa Indonesia.

Program lain yang tertuang dalam poin ini, yakni merevisi UU Peradilan Militer yang pada masa lalu dinilai sebagai salah satu sumber pelanggaran HAM. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menghapus semua bentuk impunitas dalam sistem hukum nasional.

Di samping itu, tercatat juga komitmen pasangan yang diusung empat partai politik ini untuk menghapus regulasi yang berpotensi melanggar HAM kelompok rentan, termasuk perempuan, anak, masyarakat adat, dan penyandang disabilitas.

Selain itu, memberikan jaminan perlindungan dan hak kebebasan beragama dan bekeyakinan serta melakukan langkah hukum terhadap pelaku kekerasan yang mengatasnamakan agama. Prioritas penanganan kasus kekerasan seksual perempuan dan anak juga tercatat dalam poin ini.

Di sisi kerja sama luar negeri, pasangan ini menyatakan akan memperjuangkan penghormatan terhadap HAM di lingkungan negara ASEAN untuk diimplementasikan sesuai kesepakatan yang sudah ditandatangani dalam ASEAN charter

__._,_.___

Posted by: "Sunny" <ambon@tele2.se>
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------

.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment