Tuesday, April 2, 2013

[batavia-news] Anggota DPR Pembolos Sebaiknya Tidak Dipilih Lagi

 

 
03 Apr 2013 01:16 WIB
Tak Bisa Dikritik

Anggota DPR Pembolos Sebaiknya Tidak Dipilih Lagi

Jakarta, (Analisa). Jumlah anggota DPR yang bolos dalam sidang paripurna menjelang Pemilu 2014 masih banyak. Kritikan tajam sepertinya tak mempan lagi untuk mereka.

Pakar ilmu politik dari UI, Iberamsjah, menilai 'hukuman' yang pas bagi para anggota DPR pembolos adalah tidak memilih mereka lagi. Sanksi etik dari Badan Kehormatan (BK) atau kritikan dari luar sudah tak mempan.

"Rakyat harus disadarkan betul, jangan pilih orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Harus ada lembaga independen yang mempublikasikan siapa saja mereka yang suka bolos," ujar Iberamsjah kepada detikcom, Selasa (2/4).

Kinerja Dewan, menurut profesor ini, seharusnya semakin meningkat menjelang akhir jabatan atau Pemilu 2014. Namun yang terjadi, para legislator malah sibuk dengan urusan masing-masing di wilayah daerah pemilihan.

"Tugas mereka bukan jalan-jalan ketemu dengan rakyat. Tapi ada fungsi legislatif dan kontrol. Jangan keluyuran, sudah nggak perlu," cetus Iberamsjah.

"Jangan beli kucing dalam karung, mereka yang bolos jangan dipilih lagi," tegasnya.

Dalam sejumlah rapat paripurna, hampir 200 dari 560 anggota DPR bolos. Terakhir, rapat paripurna pagi tadi, ada sekitar 241 orang yang tak masuk.

Hari-hari di gedung DPR di "tahun politik" seperti sekarang terlihat sepi, bahkan ada yang menyebutnya seperti kuburan. Sementara produk legislatif yang dihasilkan pun belum memenuhi target yang diharapkan. (dtc)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment