Saturday, April 6, 2013

[batavia-news] Bau dan Berkutu, Warga Miskin Tetap Konsumsi Raskin + Penyebab Beras Miskin Bau dan Berkutu

 

Ref:  Dari tahun ke tahun rezim NKRI mengkonsumsikan rakyat miskinnya dengan beras berkualitas buruk. Alangkah manis dan sangat cinta kasihnya rezim kepada rakyatnya, tetapi apakah rakyat miskin tidak berhak memperoleh beras berkwalitas baik seperti yang dimasak oleh ibu negara untuk presiden makan siang?
 
 

Bau dan Berkutu, Warga Miskin Tetap Konsumsi Raskin

Selain berkutu, timbangan raskin juga berkurang 2 kg per kantong.

ddd
Sabtu, 6 April 2013, 23:36 Hadi Suprapto, Diki Hidayat (Garut)
Selain berkutu, timbangan raskin juga berkurang 2 kg per kantong.
Selain berkutu, timbangan raskin juga berkurang 2 kg per kantong. (Antara/Yudi Mahatma)
 
VIVAnews - Puluhan warga Kampung Anggrek, Desa Wanakerta, Kecamatan Cibatu, Garut, Jawa Barat, terpaksa makan beras bau dan berkutu lantaran raskin yang mereka terima jelek.

Menurut salah seorang warga penerima raskin, Yaman, 42, kualitas beras bagi warga miskini ini sangat jelek. Selain apek, warna beras kumal, dan berkutu. Namun karena mereka butuh, tetap diterima dan dikonsumsi.
"Ya harus bagaimana lagi," katanya, pasrah.

Setiap pendistribusian raskin, warga hanya memperoleh jatah 3 Kg dengan harga tebus Rp2.500 kg. Beras itu cukup dinanti karena harga beras di pasar mencapai Rp8.700. "Kalau beli dari warung sangat mahal," kata Yaman kepada wartawan, Sabtu 6 April 2013.

Sementara itu, petugas RW 14 di Kampung Anggrek, Supandi (43) mengatakan, jatah raskin untuk warganya setiap kali pendistribusian hanya 525 kg. Selain kualitasnya jelek, timbangan tiap karung beras juga kurang 2 kg."Tiap karung beras itu berisi 15 kg, tapi setelah ditimbang ulang cuma 13 kg," katanya.
 
+++++
 
 

Penyebab Beras Miskin Bau dan Berkutu

Regulator tidak memberikan sanksi bila pengadaan tidak memenuhi standar kualitas.

Senin, 23 April 2012, 13:22
VIVAnews - Pusat Telaah & Informasi Regional (Pattiro) menyatakan beras miskin alias raskin yang sampai ke masyarakat ternyata tidak layak konsumsi. Buruknya kualitas itu antara lain adanya tingkat patahan yang tinggi, warna beras kusam, berbau, serta berkutu. "Untuk sebuah program adhoc yang sudah berjalan hampir 14 tahun, maka kenyataan demikian memunculkan pertanyaan besar," kata Peneliti Pattiro Abdul Waidl di Jakarta, Senin 23 April 2012.

Menurut dia, meski keluhan atas kualitas beras itu kerap disuarakan, tetapi belum ada evaluasi serius dan signifikan bagaimana membenahinya. Temuan di lapangan, masyarakat menghadapi kualitas raskin yang buruk itu dengan menerima dan dikonsumsi, menerima dan dibuang, menolak pemberian, hingga mengadukannya kepada DPRD. "Bila kenyataan ini terus terjadi, maka makin besar pula ketidakpercayaan publik kepada pemerintah," ujar Waidl.

Regulasi dinilai Waidl menjadi penyebab buruknya kualitas itu. Dia memaparkan, regulasi hanya mengatur standar kualitas beras dari dalam negeri. Padahal, sebagian besar pengadaan beras dari luar negeri. "Beras impor didatangkan ketika pengadaan dalam negeri tidak mencukupi. Tetapi, perum Bulog tetap mengimpor bahkan saat Indonesia per 2008 sudah dinyatakan swasembada beras," katanya.

Menurutnya, pada 2011, dari 3,1 juta ton kebutuhan raskin, minimal 2,5 juta ton dipenuhi melalui impor. "Regulator tidak memberikan sanksi bila pengadaan tidak memenuhi standar kualitas," ujarnya.

Kepala Divisi Pengawasan Kualitas Beras Perum Bulog Bambang Januardi mengatakan, monitoring terhadap kualitas gabah dan beras yang disimpan di gudang Perum Bulog dilakukan secara rutin 15 hari sekali atau dua kali dalam sebulan. "Hasil monitoring dituangkan dalam bentuk laporan dan sebagai dasar untuk pelaksanaan perawatan kualitas," kata Bambang.
 
 
 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment