Thursday, April 4, 2013

Suasana Markas Kopassus Kandang Menjangan

TNI Angkatan Darat mengumumkan pelaku penyerbuan Lapas Cebongan merupakan anggota Komando Pasukan Khusus atau Kopassus Grup 2 Kandang Mejangan, Kartosuro, Sukoharjo, Jawa Tengah. Setelah pengumuman itu, Tempo menyambangi lokasi tersebut.

Markas Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan tampak lengang seperti biasanya. Aktivitas di markas yang dihuni oleh sekitar 800 anggota itu tak bisa terlihat dari luar.

Markas Kandang Menjangan tak bisa dikonfirmasi mengenai temuan TNI Angkatan Darat itu. Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Letnan Kolonel (inf) Maruli Simanjuntak sedang tidak berada di tempat. "Komandan masih berada di Jakarta," kata seorang petugas jaga pos depan berseragam Provost.

Sabtu dinihari dua pekan lalu, Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta, disatroni belasan orang bersenjata senapan laras panjang, pistol, dan granat. Mereka menerobos gerbang penjara, menahan sipir, dan menembak mati empat tahanan. Keempatnya adalah tersangka pertikaian di Hugo’s Cafe, Sleman, 19 Maret lalu, yang menewaskan Sersan Satu Santoso, anggota Komando Pasukan Khusus. Penyerbu itu ternyata 11 anggota Kopassus.

No comments:

Post a Comment