Saturday, April 6, 2013

[batavia-news] Bawang Merah di Jember Masih Rp60 Ribu/Kg

 

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/04/06/2/144379/Bawang-Merah-di-Jember-Masih-Rp60-RibuKg

EKONOMI

Bawang Merah di Jember Masih Rp60 Ribu/Kg

Sabtu, 06 April 2013 | 15:05 WI

Metrotvnews.com, Jember: Harga bawang merah di tingkat pengecer sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur, masih tinggi. Harga bawang merah hingga Sabtu (6/4) masih berkisar Rp60 ribu per kilogram.

"Harga bawang merah masih bertahan di kisaran Rp60 ribu per kilogram, dan belum ada tanda-tanda akan turun karena pasokan yang menipis," kata Faisol, pedagang di Pasar Tanjung Jember.

Menurut dia, masih tingginya harga bawang merah karena pasokan barang kurang lancar disertai dengan jumlah barang semakin sedikit di sejumlah pasar tradisional, sehingga harga bumbu dapur itu melambung tinggi.

"Pengiriman bawang merah dari Probolinggo ke Jember mulai dikurangi, sehingga stok di tingkat pengecer hampir habis," tuturnya.

Minimnya jumlah pasokan membuat para pedagang berebut untuk mendapatkan bawang merah karena permintaannya cukup stabil, meski harganya masih tinggi.

"Biasanya harga normal bawang merah di Pasar Tanjung berkisar Rp25 ribu hingga Rp30 ribu per kg, namun kini dengan harga Rp60 ribu per kg, jumlah permintaan masih relatif stabil," paparnya.

Sementara pedagang tingkat grosir, Susanto, mengatakan pengiriman bawang merah paling banyak berasal dari luar Pulau Jawa yakni Sulawesi karena pasokan dari Probolinggo berkurang.

"Di tingkat grosir, harga bawang merah berkisar Rp38 ribu hingga Rp40 ribu per kg dan harga itu tergolong mahal, padahal biasanya harga bawang merah di Pasar Tanjung berkisar Rp15 ribu hingga Rp20 ribu per kg," katanya.

Menurut dia, harga bawang putih yang sempat meroket mencapai Rp100 ribu per kg di Jember, kini turun menjadi Rp20 ribu per kg karena pasokan sudah lancar dan kembali normal.

Selain bawang merah, harga cabai di pasar induk Jember juga masih tinggi yakni mencapai Rp48 ribu per kg untuk cabai keriting dan Rp40 ribu untuk cabai rawit. (ANT)


Editor: Afwan Albasit

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment