Saturday, April 6, 2013

[batavia-news] Sudah Miskin, Diabaikan Pula

 

Ref: Kalau dilihat sejarah zaman Hindia Belanda  maka ditemukan banyak hal yang tidak besar perbedaannya dengan masa sekarang atau lebih jelas penjajahan dari zaman ke zaman tidak banyak berubah sifatnya, ciri-cirinya pada rakyat jajahan  antara lain ialah "sudh miskin, diabaikan pula".
 
 
 
Keindahan alam  NTT, seperti di Labuan Bajo, Flores, NTT, ternyata tidak didukung infrastruktur jalan yang memadai.  [Dok.SP] Keindahan alam NTT, seperti di Labuan Bajo, Flores, NTT, ternyata tidak didukung infrastruktur jalan yang memadai. [Dok.SP]

[KUPANG] Masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) keluhkan kondisi jalan  yang rusak parah akibat bencana alam dan buruknya kualitas aspal.

Sekitar 60 persen dari 1.700 kilometer ruas jalan yang berada di NTT, dalam kondisi rusak berat. Jika tidak segera diperbaiki, provinsi miskin itu akan semakin terpuruk.      

"Kerusakan ruas jalan itu, akibat bencana alam yang melanda wilayah ini," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTT, Andre W Koreh kepada SP di Kupang, Jumat, (5/4).  

Menurut Andre W Koreh, kondisi yang paling parah adalah ruas jalan kabupaten/kota di provinsi kepulauan itu. Dari 14.000 km panjang jalan, hanya sekitar 30 persen dalam kondisi baik, sedangkan sisanya dalam kondisi rusak berat atau parah.  

Sedangkan untuk kondisi jalan Nasional, kata Andre W Koreh, dari panjang ruas jalan 1.400 km, sekitar 90 persen dalam kondisi baik.

Dia mengakui, keterbatasan alokasi anggaran yang mengakibatkan pihaknya sulit memperbaiki ruas jalan yang rusak.

"Bahkan melalui APBD provinsi yang dialokasikan setiap tahun sangat tidak cukup untuk pekerjaan jalan tersebut," katanya.

Saat ini yang bisa dilakukan pemeliharaan terhadap ruas jalan terutama yang berhubungan dengan akses ekonomi masyarakat melalui Unit Pemeliharaan Rutin (UPR) yang ada di setiap kabupaten/kota di wilayah itu.  

Andre W Koreh, mencontohkan kondisi ruas jalan di Pantai Utara (Pantura) Ende-Maumere saat ini dalam kondisi rusak berat. Kerusakan tersebut terjadi di sejumlah titik, dan hingga saat ini belum ada yang diperbaiki secara permanen, bahkan ada yang belum disentuh sama sekali.  

Pihaknya telah membahas dan mengusulkan rencana perbaikan jalan tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2013.

"Mudah-mudahan usulan itu bisa diakomodir oleh pemerintah pusat," jelasnya.  

Robert Das, warga Manggarai Timur, Flores, NTT mengatakan, pemerintah pusat harus serius memperhatikan kondisi jalan dan kehidupan masyarakat NTT."Nasib  NTT ini memang sial, sudah miskin diabaikan pula," katanya. [YOS/L-8]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment