Saturday, April 6, 2013

[batavia-news] Apindo: Kalau Buruh Tuntut Upah Tinggi, Mending Pakai Mesin

 

 
 
EKONOMI

Apindo: Kalau Buruh Tuntut Upah Tinggi, Mending Pakai Mesin

Laporan: Fario Untung
Jum'at, 05 April 2013 | 20:31 WIB

 

Fario Untung
Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyuarakan penolakan atas tuntutan serikat buruh perihal kenaikan upah 30% setiap tahun.

Jika hal itu dikabulkan oleh pemerintah, Apindo memilih menggunakan mesin ketimbang harus membayar tinggi buruh.

"Kalau mereka (buruh) mau ngomong, boleh-boleh saja, tapi apa mereka ngerti dan paham soal persaingan ekonomi," tegas Ketua Apindo Sofjan Wanandi ketika dihubungi Metrotvnews.com di Jakarta, Jumat (5/4).

Apindo juga meminta agar buruh menjelaskan bagaimana perhitungan dan alasan dari permintaan kenaikan upah buruh sebesar 30% per tahun selama pertumbuhan ekonomi Indonesia di angka 6%. Sofjan pun menuding tuntutan buruh semakin tidak masuk akal.

"Kita juga harus tahu apa alasan mereka minta naik upah terus, apalagi sampai 30% tiap tahun. Apa memang ekonomi kita bisa menerima itu?. Kalau memang bisa ya tentu kita akan bayar. Namun kalau kenyataannya tidak bisa, mau gimana?" jelas Sofjan.

Tidak hanya itu, akibat dari tuntutan buruh yang terlalu berlebihan itu, Sofjan mengaku pengusaha berencana untuk tidak memperkerjakan buruh dan memilih membeli mesin.

Meskipun harga mesin-mesin industri terbilang mahal, tindakan tersebut lebih efektif ketimbang terus mengikuti kemauan buruh.

"You mau terus minta kenaikan upah yang tinggi, akhirnya para pengusaha memikirkan daripada pakai buruh, mending kita pakai mesin," sambungnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menuntut pemerintah untuk menaikan upah buruh sebesar 30% per tahun.


Tuntutan tersebut diajukan karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkat sehingga kenaikan upah seharusnya juga makin membaik.


Editor: Asnawi Khaddaf

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment