Thursday, February 20, 2014

[batavia-news] Deklarasi Front Max Havelaar Kritisi Dinasi Banten

 

 

Deklarasi Front Max Havelaar Kritisi Dinasi Banten
Kamis, 20 Februari 2014 | 15:16

 

[TANGERANG] Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PBHMI) dan Banten Crisis Center (BCC) Kamis (20/1) mengadakan pertemuan di Tangerang dalam rangka mendeklarasikan front Max Havelaar. Dalam deklarasi tersebut dipimpin oleh Adi Baiquni (Ketua Umum PBHMI) serta dari kalangan akademisi dan tokoh masyarakat dan jurnalis.

Rudy Gani selaku juru bicara BCC mengungkapkan bahwa front Max Havelar dibuat sebagai bentuk gerakan melawan rezim dinasti keluarga Atut. BCC dalam kesempatan deklarasi memberikan pesan kepada Airin Rahmidiani sebagai walikota Tangerang Selatan untuk segera mundur dari jabatannya apabila ia menjadi tersangka dugaan kasus korupsi dinas kesehatan. Menurut Rudy pemerintahan dinasi Atut yang sudah mengulangi masa keresidenan Lebak pada abad ke 18 saat masih dipegang Gubernur Batavia yang dikuasai Dandels.

Adi Baiquni selaku ketua umum PBHMI mengungkapkan bahwa semangat pemerantasan korupsi ini di inspirasi dari Max Havelaar. "Pada masanya Max Havelaar mengungkapkan kekejian keresidenan Lebak yang tidak manusiawi, dan kini hal itu terulang lagi di pemerintahan Atut di Banten," ujar Adi kepada SP Kamis (20/1) siang. Adi menjelaskan juga bahwa dulu di Banten ada sosok tokoh masyarakat yang mempelopori perlawanan terhadap dinasti Banten yaitu Almarhum Eky Syachrudin. "Beliau meninggal karena ilmu hitam saat ia mencoba mengusir Hasat Sohib dari sebuah acara forum diskusi di Serang pada tahun 2003," kata Adi.

Miftahun Najah selaku koordinator BCC mengatakan bahwa saat ini kondisi masyarakat di pelosok daerah Banten sangat kontradiksi dengan kekayaan keluarga Atut. "Saat ini bukan hanya dinasti Banten saja yang masih tumbuh subur korupsinya, masih ada dinasti di Tangerang, Lebak, dan Cilegon," ujar Miftahun. Ia mengaku sangat prihatin dengan kondisi Banten saat ini yang mengalami penzauliman seperti kondisi di masa lalu. "Masalah utama masyarakat di daerah terpencil saat ini adalah masalah pembangunan infrastruktur dan kesejahteraan masyarakatnya," ujar kata Miftahun.

Dalam kesempatan deklarasi tersebut kehadiran Wilma seorang jurnalis warga Belanda yang sudah menetap 7 tahun di Indonesia juga menyoroti pemerintahan dinasti Atut. Ia mengatakan membenarkan pernyataan Miftahun dan Rudy. "Ini seperti kondisi 150 tahun yang lalu, kondisi kampung Cibesel tidak berubah banyak seperti jaman dulu," ujar Wilma menggunakan bahasa Indonesia namun kental dengan logat bahasa asing.

Perwakilan dari mahasiswa datang dari Jauhari yang pernah menjabat sebagai ketua HMI cabang Serang pada tahun 2010. "Saya dulu masih merasakan tekanan dan pengaruh dari keluarga Atut sampai ke dunia kampus," ujar Jauhari. Ia menjelaskan bahwa pengaruh Atut selain kejajaran pemerintahan eksekutif dan DPRD, juga membuat media lokal di Banten tidak obyektif dalam memberitakan kondisi kenyataan masyarakat Banten. "Hanya yang baik-baik saja yang ditampilkan, karena mereka juga pernah kecipratan dana dari Atut," ujar Jauhari.

Rudy Gani menutup deklarasi tersebut dengan memberitahu visi misi Front Max Havelaar sebagai simbol perlawanan terhadap Korupsi dan upaya untuk membuka kasus-kasus korupsi yang selama ini tertata rapi semasa dua periode jabatan Atut.

"Untuk kedepannya kami akan turun langsung ke masyarakat, terutama ke RT di setiap kelurahan untuk mensosialisasikan kroni-kroni dari dinasti Atut yang ikut dalam pemilu Legislatif 2014 nanti," ujar Rudy.

Ia juga akan mulai menggencarkan acara-acara diskusi di kampus untuk menjaring pemikiran mahasiswa yang kritis dan belum terpengaruh sepenuhnya dengan racun dinasti Atut. Menurut Rudy, dengan diberitakannya penangkapan Atut dan Wawan, masyarakat Banten seperti di bukakan matanya.

"Tapi masih juga banyak yg loyal dengan Atut, karena mereka punya utang balas budi dan pernah menerima pemberian dari pemerintahan Atut," ujar Rudy menutup acara deklarasi tersebut. [CR

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment