Tuesday, February 18, 2014

[batavia-news] KPK Usut Dua Pulau Milik Keluarga Atut

 

res :   Bagus sekali keluarga Atut  bisa memiliki pulau. Bagaimana dengan keluarga petinggi rezim neo-Mojopahit lainnya, apakah tidak memiliki pulau?  Apakah hanya puas dengan dolar dan euro di bank serta saham diberbagai perusahaan? 
 
 

KPK Usut Dua Pulau Milik Keluarga Atut

Selasa, 18 Febuari 2014 Penulis: Raja Eben Lubis/SU/X-8
KOMISI Pemberan tasan Korupsi akan menyelisik kepemilikan Pulau Liwungan dan Pulau Popole oleh keluarga Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah. Jika terbukti terkait dengan tindak pidana korupsi atau tindak pidana pencucian uang (TPPU ), kedua pulau itu akan disita.

Menurut Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, setiap aset yang dimiliki tersangka korupsi akan diselidiki apakah terkait dengan tindak pidana atau tidak. ''Tetap akan diselisik sesuai dengan pengakuan lawyer-nya sebagai bentuk pembelaan yang fair dan kooperatif. Kalau terkait tindak pidana, (kedua pulau) tentu akan disita,'' kata Busyro di Jakarta, kemarin.

Atut menjadi tersangka suap kasus sengketa pemilu kada Lebak dan proyek pengadaan alat kesehatan (alkes) Banten. Adik Atut, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, selain terbelit oleh dua perkara itu, menjadi tersangka kasus proyek alkes Tangerang Selatan. Wawan sudah ditetapkan pula sebagai tersangka TPPU. Kepemilikan Pulau Liwungan dan Popole oleh keluarga Atut dibenarkan pengacara Wawan, Firman Wijaya.

Menurutnya, uang untuk membeli kedua pulau itu berasal dari usaha orangtua Atut dan Wawan, Chasan Sochib. ''Menurut Pak Wawan, itu milik orangtuanya. Sudah lama, tapi statusnya belum tahu. Pulau itu tidak ada kaitannya dengan TPPU, profile-nya kan pengusaha, jadi sudah lama punya aset sebelum Bu Atut memerintah (pada 2006),'' kata Firman di Gedung KPK, kemarin.

Pulau Liwungan berada di Teluk Nada, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan luas 50 hektare dan sebagian besar ditanami pohon kelapa. Pulau dengan hamparan pasir putih itu merupakan salah satu destinasi dari rangkaian ekowisata Berkebun di Laut yang dikembangkan di Tanjung Lesung.

Pulau Liwungan berasal dari kata kaliwungan yang berarti dikelilingi gunung. Dengan hamparan pasir putih dan karang-karang indah, pulau itu cocok untuk wisata snorkeling, menyelam, dan memancing. Pulau Popole juga terletak di Pandeglang, tapi masuk wilayah Kecamatan Labuan.

Sama seperti Pulau Liwungan, pengelolaan Pulau Popole dipercayakan kepada Ipah, 60, yang disebut-sebut masih kerabat Atut.

Kekayaan melimpah


Kepemilikan Pulau Liwungan dan Popole menambah panjang deret kekayaan keluarga Atut. Untuk aset Wawan yang juga suami Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany saja, KPK telah menyita 40 mobil dan satu motor besar Harley Davidson.

Sebagian dari kendaraan itu merupakan mobil mewah seperti Ferrari, Bentley, Lamborghini, Rolls-Royce, dan Nissan GTR. ''Biar hakim yang memutuskan apakah itu berasal dari korupsi dan pencucian uang atau tidak,'' kata juru bicara KPK Johan Budi.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojato mengharapkan masyarakat yang mengetahui aset-aset milik keluarga Atut untuk memberi tahu KPK. Seusai menjenguk suaminya di Rutan KPK, kemarin, Airin enggan menanggapi pertanyaan wartawan soal kepemilikan dua pulau oleh keluarga Atut. Ia hanya menyunggingkan senyum dan mengucapkan alhamdulillah kala ditanya tentang kondisi sang suami.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment