Tuesday, February 18, 2014

[batavia-news] Dituduh Memplagiat, Anggito Mundur

 

res : Apakah disertasi YBS bersi dari plagiat?
 
 

Dituduh Memplagiat, Anggito Mundur

Selasa, 18 Febuari 2014 Penulis: FU/X-9
DALAM dunia pendidikan, mengambil karya atau pendapat orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan sendiri merupakan kejahatan tercela.

Entah disadari atau tidak, kasus plagiarisme itu telah menjegal dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Anggito Abimanyu.

Anggito yang dikenal sebagai dosen favorit itu dituduh melakukan plagiarisme atas tulisan Hotbonar Sinaga.

''Demi mempertahankan kredibilitas UGM sebagai universitas yang memiliki komitmen pada nilai-nilai kejujuran, integritas, dan tanggung jawab akademik, saya mengundurkan diri dari posisi dosen UGM,'' kata Anggito dalam keterangan persnya di UGM, kemarin.

Ia mengungkapkan pengunduran diri itu terkait dengan artikel opininya yang dimuat dalam Kompas berjudul 'Gagasan Asuransi Bencana', pada Senin (10/2) yang lalu.

Beredar kabar bahwa artikel itu hasil plagiarisme karena di dalamnya beberapa paragraf hampir sama dengan artikel opini Hatbonar Sinaga berjudul 'Menggagas Asuransi Bencana' yang juga dimuat dalam Kompas pada 21 Juli 2006.

''Telah terjadi pengutipan referensi dalam sebuah folder di komputer pribadi saya yang belakangan diketahui merupakan kertas kerja yang ditulis oleh Saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan,'' jelas dia.

Anggito yang kini menjabat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama menyesal dan meminta maaf kepada seluruh sivitas akademika UGM. ''Saya mengaku khilaf dan memohon maaf sebesar-besarnya khususnya kepada Saudara Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan,'' katanya.

Pengakuan dan pengunduran diri Anggito dari sivitas akademika UGM itu, menurut Rektor UGM Praktikno, menjadi beban berat mengingat Anggito merupakan aset penting bagi UGM.

Pratikno akan membawa kasus itu dalam sidang komite etik dan meminta pandangan senat akademik. ''Apabila sidang komite etik tidak membuktikan bahwa Anggito bersalah atau melakukan tindakan plagiarisme, permohonan pengunduran diri itu akan ditolak,'' tukasnya.

Kasus plagiarisme yang dilakukan Anggito itu menjadi pergunjingan luas di forum komunitas Kompasiana. Banyak yang tidak percaya Anggito memplagiat. "Saya mengenal Pak Anggito. Beliau orang yang jujur, jadi tidak mungkin beliau melakukan hal itu (plagiarisme)," kata Sari S Laksmi, dosen FEB yang juga pernah menjadi asisten dosen Anggito.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment