Thursday, April 10, 2014

[batavia-news] Koalisi Hasilkan Empat Capres

 

 

Koalisi Hasilkan Empat Capres

Kamis, 10 April 2014 Penulis: Adhi M Daryono/Mad/Fat/Iwa/ Nov/X-5
PEMILIHAN Legislatif 2014 berakhir sudah kemarin. Berdasarkan hitung cepat (quick count), hasilnya cukup mengejutkan.

Ada partai yang perolehan suaranya melesat dibandingkan Pemilu 2009, seperti PDI Perjuangan (18,88%), Partai Gerindra (12,22%), dan PKB (8.89%) ada pula yang terjun bebas, seperti Partai Demokrat (9,9%).

Karena tidak ada partai yang memperoleh suara yang dominan, mereka pun berancang-ancang menjalin koalisi dengan partai lain untuk bisa mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

''Kami memprediksikan ada 4 capres yang bertarung di Pilpres Juli nanti. Tidak ada partai yang mengajukan capres sendiri, dan semuanya berkoalisi,'' kata Direktur Eksekutif Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA di Jakarta, kemarin.

Keempat pasangan capres-cawapres itu, lanjut Denny, yaitu Joko Widodo alias Jokowi atau PDI Perjuangan dengan koalisinya, Aburizal Bakrie atau Partai Golkar dengan koalisinya, Prabowo atau Gerindra dengan koalisinya, dan Demokrat dengan koalisinya.

''Jadi ada empat kekuatan,'' cetus Denny.

Secara terpisah, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai kubu Jokowi dan Prabowo dipastikan akan mewarnai peta perpolitikan pada pilpres mendatang.

''Ada poros Jokowi, ada poros Prabowo. Untuk poros Jokowi, saya kira baru NasDem, sedangkan untuk poros Prabowo ada beberapa partai Islam terutama PKS,'' jelasnya.

Di sisi lain, Burhanuddin mencatat kemampuan Demokrat untuk menggandeng PAN dan PKB akan memunculkan poros baru. Namun, kedua partai itu tetap memiliki peluang yang sama besarnya untuk merapat pada kubu Jokowi maupun Prabowo.

''Kalau misalkan Prabowo menawarkan posisi cawapres kepada Hatta Rajasa, misalnya,'' imbuh Burhanudin.

Namun, koalisi tidak semata-mata kesamaan ideologis, melainkan insentif politik apa yang diperoleh, misalnya jumlah kursi menteri yang diberikan. ''Deal-deal semacam ini yang menentukan hasil akhir dari koalisi jelang pilpres,'' pungkas Burhanuddin.

Membuka diri Meskipun saat masa kampanye terlihat bermusuhan, Gerindra membuka diri berkoalisi dengan PDIP. ''Kenapa tidak?'' kata Prabowo. Ia menyebut partai banteng moncong putih ini memiliki banyak tokoh besar.

Secara terpisah, PDIP menyatakan tak ingin terburu-buru berkoalisi.''Nanti dong, masih nunggu hasil akhir pileg ini,'' kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Puan Maharani.

Partai Demokrat yang kini terpuruk siap berkoalisi dan beroposisi, seperti disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Partai NasDem sebagai pendatang baru yang cukup cemerlang (6,92%) menyampaikan sikap yang sama. ''NasDem akan berkoalisi jika terdapat kesepakatan dan kesamaan pikiran untuk tetap pembangunan sistem nilai ideologi,'' kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, tadi malam.
 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment