Sunday, April 6, 2014

[batavia-news] Para capres tak punya rasa nasionalisme

 

 
 
Saturday, 05 April 2014 15:10    PDF Print E-mail
Para capres tak punya rasa nasionalisme
Warta

WASPADA ONLINE

JAKARTA - Nasionalisme selalu menjadi kata ampuh para calon presiden, untuk mendongkrak elektabilitas suara mereka. Mulai dari perkataan jiwa nasionalisme yang mereka miliki, hingga program-program bersifat nasionalis. Sayang perkataan mereka dinilai jauh dari apa yang mereka perlihatkan.

Pakar Komunikasi Politik, Ermus Sihombing berpendapat para calon presiden saat ini belum ada yang mempunyai rasa nasionalisme. "Kalo kita identifikasi, belum ada calon yang mempunyai rasa nasionalis," ujar Ermus dalam diskusi bertajuk 'Menakar Nasionalisme Capres 2014', hari ini.

join_facebookjoin_twitter

Salah satu aspek nasionalis adalah mereka yang tidak korupsi. Serta melakukan perbuatan dari apa yang dikatakan. Ermus mencontohkan ada pemimpin yang sekarang menjanjikan untuk membangun sebuah daerah, namun ternyata tidak diwujudkan.

Selain itu jika meninggalkan tugas dalam pemerintahan, padahal dia tidak melakukan cuti atau ijin tidak kerja, ini merupakan salah satu hal cacat dalam nasionalisme. Para calon presiden, lanjut Ermus, lebih banyak bertindak dalam ha transaksional politik. Sehingga sangat sulit bagi masyarakat menakar rasa nasionalisme yang mereka miliki.

Senada dengan Ermus, Pakar soft skill UI, Taufik Bahaudin menuturkan, hanya ada segelintir para calom yang mempunyai rasa nasionalisme. "Ada yang calon ada ada yang bukan calon, tapi paling tiga sampai lima orang," ujar Taufik.

Mereka yang mempunyai rasa nasionalime ini terbyata ada juga dari golongan yang belum menpublikasikan menjadi calon presiden. Tetapi mereka mempunyai kans kuat dalah hal nasionalisme. Hal yang paling bisa dicermati untuk mengukur rasa nasionalisme adalah mereka yang dengan tegas memerangi praktik korupsi.

Selain itu janji kepada rakyat, juga menjadi hal yang sangat krusial dalam mengukur rasa nasionalisme. Jangan sampai mereka yang telah berjanji dengan sekelompok rakyat kecil, dan ingkar maka tidak menjadi masalah.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment