Wednesday, May 22, 2013

[batavia-news] Buruh Tani di Indramayu Makin Berkurang

 

 
Buruh Tani di Indramayu Makin Berkurang
Rabu, 22 Mei 2013 - 10:33:17 WIB
: 53
Share


(Foto:dok/ist)
Ilustrasi.
Generasi muda banyak yang merantau, bahkan menjadi TKI di luar negeri.

INDRAMAYU - Para petani pemilik lahan di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengaku semakin sulit mencari buruh tani karena jumlah mereka semakin berkurang.

"Memasuki musim tanam padi kedua para petani pemilik lahan semakin sulit mencari buruh tani, karena mereka semakin berkurang sehingga mempengaruhi waktu tanam," kata Rastim salah seorang petani di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (22/5).

Ia menuturkan, rendahnya minat menjadi buruh tani di Kabupaten Indramayu akibat generasi muda banyak yang merantau ke Jakarta, Bandung bahkan menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

Menurut dia sebelumnya mencari 100 buruh tani untuk tanam dua hektare sawah cukup mudah, kini mendapatkan 30 buruh sudah beruntung akibat jumlah mereka semakin berkurang.

Rendahnya upah buruh tani, kata dia, memicu mereka untuk mencari penghasilan lain, dampaknya pemilik lahan kesulitan mencari buruh harian lepas tersebut.

Petani berharap teknologi mampu mengurangi ketergantungan pada buruh tani, sehingga tidak mempengaruhi musim tanam padi.

Sementara itu di perbatasan Kabupaten Cirebon dan Indramayu memasuki musim tanam padi, para pemilik lahan mengalami hal serupa kesulitan mencari buruh harian lepas.

Karta, petani di sentra pertanian Kapetakan Kabuaten Cirebon Rabu mengatakan, semakin sulit mencari buruh tani, karena sebagian generasi muda memilih bekerja di sektor lain seperti buruh bangunan dan kuli di Jakarta.

Menurut dia, mencari buruh tani yanag usia produktif sudah semakin sulit, harapannya pemerintah menyediakan teknologi tani yang bisa mengurangi ketergantungan pada buruh tani.

"Semakin berkurang buruh tani pemilik lahan harus bersaing dan untuk menadapatkan buruh tani harus berani membayar lebih mahal," katanya.

Sarnadi, buruh petani yang ditemui di Cirebon, Rabu, menuturkan, para buruh tani di desanya banyak yang beralih profesi menjadi buruh bangunan di Jakarta dan Bandung.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment