Saturday, May 25, 2013

[batavia-news] DPRD Papua: Freeport Tidak Ada Gunanya Bagi Kami

 

Kalau Freeport tidak ada gunanya untuk rakyat Papua, lantas siapa yang menikmati kegunaannya?
 
 
DPRD Papua: Freeport Tidak Ada Gunanya Bagi Kami

Jimmy meminta Freeport ditutup saja.

ddd
Jum'at, 24 Mei 2013, 22:16 Denny Armandhanu, Nila Chrisna Yulika
 
Penyelamatan korban longsor di Big Gossan, Freeport (Wildan Kesuma) (Wildan Kesuma)
 

VIVAnews - Wakil Ketua DPRD Papua Jimmy Demianus Ijie, Jumat 24 Mei 2013 meminta PT Freeport Indonesia ditutup. Sebab, dia menilai perusahaan tersebut tidak berkontribusi kepada Indonesia khususnya Papua.

"Apa sih kontibusinya? Tutup Freeport itu, karena tidak ada manfaatnya buat bangsa apalagi masyarakat di Papua," kata Jimmy dalam diskusi DPD di Jakarta.

Jimmy mengatakan, peristiwa runtuhnya tambang Freeport yang menewaskan 14 orang itu adalah sebuah tanda-tanda alam, bahwa Freeport harus ke luar dari Papua.

"Ada daerah secara kultur keramat. Itu tidak boleh disentuh. Kalau tidak ini akan lebih besar. Pada daerah yang sakral. Ini peringatan bagi pemerintahan," kata Jimmy.

Namun, Jimmy menilai Freeport akan tetap berproduksi di tanah Papua. Sebab, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak berani bersikap atas hal itu. "Masalahnya kita tidak memiliki Presiden yang berani. Freeport sangat erat dengan konsensi pengembalian Irian ke Indonesia," ujar Jimmy.

Sementara, Wakil Ketua Komisi IV, Firman Subagyo, mendesak agar Presiden SBY segera menasionalisasi PT Freeport yang melakukan penambangan di Papua. "Freeport ibarat negara dalam negara. Sudah saatnya kita lakukan evaluasi segera saham-saham freeport dinasionalisasi," kata dia.

Firman menjelaskan, pada tahun 2012 lalu, Komisi IV sempat menolak izin pengajuan perluasan lahan penambangan terbuka di kawasan hutan lindung oleh PT Freeport. Sebab Freeport dianggap tidak bertanggung jawab terhadap pencemaran dan kerusakan akibat penambangan itu.

"Kalau sampai izin diberikan, artinya ada kongkalikong antara pemerintah dan Freeport. Negara manapun kalau investasi di negara tertentu harus patuh pada aturan UU di negara itu," kata dia.

Selanjutnya, kata dia, Komisi IV akan memanggil pihak-pihak terkait serta pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap kerja sama antara pemerintah dengan freeport. "Ini akan kita evaluasi dan kami akan panggil pemerintah. Kita harus ada rapat gabungan untuk evaluasi keberadaan freeport ini," kata Firman.

Pada 14 Mei 2013 lalu, tambang Freeport ambruk. Persisnya di terowongan Big Gossan. Longsor ini menyebabkan 28 pekerja tambang tewas tertimbun. Sementara 10 orang lainnya berhasil diselamatkan. (umi

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment