Monday, December 16, 2013

[batavia-news] Apakah Anda Insomnia? Ini Beberapa Cara mengatasinya

 

 
 
 

Apakah Anda Insomnia? Ini Beberapa Cara mengatasinya

Ratna Wulandari - detikHealth
Senin, 16/12/2013 19:30 WIB
 
Jakarta, Tanda-tanda insomnia adalah sulit tidur, bangun terlalu dini, dan tidak cukup tidur meskipun Anda memiliki waktu dan lingkungan yang tepat untuk melakukannya. Sementara itu kesehatan fisik dan mental bisa terpengaruh pada hari berikutnya. Hati-hati, kurang tidur dapat membawa dampak buruk bagi jantung Anda, seperti serangan jantung atau stroke.

Orang yang mengalami insomnia, umumnya mengalami mimpi buruk saat mencoba tidur. Nah, orang yang mengalami insomnia sebenarnya ada jutaan orang. Bahkan, diperkirakan bahwa 10-30 persen manusia pada suatu waktu akan mengalami gejala insomnia.

Insomnia mempengaruhi tubuh secara luas. Biasanya efek yang paling jelas terkait dengan stres dan kecemasan yang dirasakan karena ketidakmampuan untuk tidur kembali atau memulai tidur. Meskipun ketidakmampuan untuk tidur keesokan harinya, biasanya ada perasaan stres, kecemasan, dan kelelahan selama hari berikutnya.

Meskipun kelelahan pada siang hari, upaya tidur malam berikutnya sering dipengaruhi oleh ketidakmampuan untuk memulai atau mempertahankan tidur dan sebagai konsekuensi siklus dilanjutkan. Efek jangka panjang dari siklus ini bisa menjadi depresi, penambahan berat badan, demensia atau gangguan kognitif, kecelakaan kerja, dan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah kombinasi glukosa tinggi, tekanan darah tinggi, berat badan, dan kolesterol tinggi.

Masalah untuk memulai tidur, biasanya terkait dengan mempertahankan tidur, atau masalah dengan bangun terlalu dini. Semua ini menyebabkan kualitas tidur yang rendah. Dilansir dari Everyday Health, Senin (16/12/2013), lakukan lah hal berikut untuk mengatasi insomnia:

1. Jangan tidur di siang hari.

2. Buatlah kamar tidur Anda kondusif untuk tidur dengan mematikan TV, komputer, lampu dan setiap rangsangan lain.
 
3. Gunakan jam alarm untuk membangunkan Anda pada waktu yang sama setiap pagi, bahkan jika itu akhir pekan.

4. Atur jadwal tidur agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

5. Relaksasikan pikiran Anda sebelum tidur. Redakan emosi dan juga pikiran Anda sekitar satu jam sebelum tidur. Bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Anda.

6. Hindari minuman berkafein atau produk dan suplemen energi setelah makan siang. Selain itu, hindari minuman beralkohol, merokok, atau asupan nikotin dari sumber apapun saat dekat waktu tidur.

7. Berolahragalah 30 menit setiap hari, namun cobalah untuk berolahraga minimal 4 jam sebelum waktu Anda berencana untuk pergi tidur.

8. Cobalah untuk tidak memaksa tidur, karena semakin Anda memaksakan untuk tidur, semakin sulit untuk tidur.

Bagi banyak orang, langkah-langkah ini dapat membantu. Ada banyak suplemen, obat bebas, dan alat bantu tidur yang juga dapat membantu. Jika gangguan ini berlangsung jangka panjang, maka hubungi dokter untuk berkonsultasi. Karena jika tidak diatasi, gangguan ini dapat menggangu hidup Anda.


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 1424 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment