Wednesday, April 10, 2013

[batavia-news] PDIP Ingatkan SBY Jangan Salah Pilih Kapolri + Demi Pemilu, Pergantian Kapolri Dipercepat

 

Ref: Apakah orang yang tidak baik bisa menjadi jenderal prolisi, maka oleh karena itu dianjurkan oleh PDIP supaya jangan pilih orang yang salah? Untuk supaya tidak dilupakan bahwa pada pemerintahan dimana Megawati (PDIP) menjadi presiden NKRI, beliau mengangkat Jenderal Firman Gani, mantan Kapolda Maluku, pendukung Laskar Jihd Sunnah Wal Jamaah menjadi Kapolda di Jakarta.
 
 

PDIP Ingatkan SBY Jangan Salah Pilih Kapolri

Rabu, 10 Apr 2013 - 16.50 WIB

Jakarta - Presiden SBY berencana akan melakukan pergantian Kapolri menjelang pemilu 2014. SBY pun diingatkan agar tidak kembali salah pilih dalam menunjuk Kapolri. 

Anggota Komisi III DPR Eva Kusuma Sundari menegaskan, bahwa pergantian Kapolri merupakan hak prerogratif Presiden. Namun, dia hanya mempertanyakan apa alasan Presiden mengganti Kapolri. 

"Saya dengar penggantian ini untuk persiapan pemilu. Kan kita juga shock ya, karena beliau dalam waktu bersamaan beliau juga ketua umum Partai Demokrat. Masa melakukan keputusan-keputusan untuk kepentingan partainya, bukan karena sebagai presiden," ujar Eva di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/04/2013). 

Politisi PDI P mengaku setuju jika penggantian Kapolri berdasarkan pada kinerja yang selama ini ditunjukkan oleh Jendral Timur Pradopo. Menurut dia, kinerja yang ditunjukkan Timur selama menjabat sebagai Kapolri memang tidak memuaskan. 

"Saya setuju (Kapolri diganti). Khususnya dalam kasus-kasus yang melanda kaum minoritas dalam menjalankan ibadah, membuat keputusan yang tidak benar, dan kepolisian dibawah Kapolri Timur Pradopo sangat gagal," cetusnya. 

Lebih jauh Eva mengingatkan kepada Presiden SBY agar kesalahan dalam pemilihan Kapolri seperti yang terjadi saat menunjuk Timur Pradopo, tidak terulang kembali. 

Terlebih Eva menambahkan, tantangan Kapolri ke depan sangat berat dan harus memenuhi kebutuhan masyarakat. 

"Misalkan, beliau (Timur Pradopo) dipilih waktu itu, referensi dari Presiden apa? Ternyata tidak tepat dengan kepolisian sendiri. Nah jangan sampai hal ini terulang lagi. Apakah figur pengganti kapolri sesuai dengan kebutuhan mabes atau untuk kebutuhan Presiden," pungkas Anggota BAKN DPR RI ini.  

Oleh: Luki Junizar - Editor: Vivi Irmawat

 
++++
 
 
 
Updated: Thu, 11 Apr 2013 02:03:00 GMT | By JPNN

Demi Pemilu, Pergantian Kapolri Dipercepat

KARTA--Kapolri Jenderal Timur Pradopo akan mengakhiri masa jabatannya pada Januari 2014 nanti. Namun, dikabarkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan mengganti posisi Timur sebagai Kapolri lebih cepat dari masa pensiunnya. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha tidak menampik adanya kabar itu.

"Yang jelas Presiden ingin dalam menjaga efektivitas penanganan keamanan, khususnya dalam persiapan penyelenggaraan pemilu 2014 tentunya akan lebih baik bila itu dipersiapkan lebih awal artinya setahun lebih atau setahun untuk persiapan bagi pejabat baru untuk bisa lebih memastikan penyelenggaraan pemilu aman, lancar, dan tertib," tutur Julian di kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (10/4).

Selain itu, pergantian juga dilakukan karena faktor usia Kapolri yang memang sudah memasuki masa pensiun. Julian menampik bahwa pergantian dilakukan karena kinerja kepolisian yang tidak memuaskan selama ini.

"Jangan missunderstanding. Bilamana memang telah memasuki usia pensiun tentu akan dilakukan proses persiapan pensiun. Namun kita tahu bahwa itu tidak terjadi dalam satu dua bulan kedepan. Bukan dikaitkan dengan hal-hal lain," kata Julian.

Menurut Julian, selama ini kerja Kepolisian RI sudah lebih baik. Kapolri sudah menjalankan tugasnya. Hanya saja Presiden ingin ada pejabat baru yang siap mengamankan Pemilu 2014.

"Selama ini kan semua bisa diatasi dengan baik oleh kepolisian, meskipun ada hal-hal yang terus muncul. Namun tetap ditangani dengan baik. Pemerintah ingin agar pada saat pemilu 2014 berjalan sebagaimana diharapkan bersama dari sisi keamanan kelancaran," pungkas Julian. (flo/jpnn)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment