Sunday, April 7, 2013

[batavia-news] PKB Tolak Pancasila Dijadikan Salah Satu Pilar Bangsa

 

 
 

PKB Tolak Pancasila Dijadikan Salah Satu Pilar Bangsa

Minggu, 07 April 2013 | 20:08 WIB
ANTARA/Ismar Patrizki/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menolak Pancasila dijadikan sebagai bagian dari empat pilar bangsa karena seharusnya merupakan asas tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Tanah Air.

"Doktrin empat pilar yang dimaksud selama ini salah dan harus dievaluasi. Pancasila tidak mungkin diletakkan sebagai pilar, tapi harus dijadikan dasar," kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di Jakarta, Minggu (7/4).

Menurut dia, Pancasila tidak bisa disejajarkan dengan tiga pilar lainnya, yaitu Undang Undang Dasar (UUD), Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pancasila adalah satu-satunya asas yang ikut diperjuangkan oleh sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama (NU), termasuk Gus Dur, pada 1984.

Olah karena itu, Muhaimin Iskandar yang akrab disapa Cak Imin itu menyerukan kepada seluruh anggota fraksi PKB di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) untuk menolak Pancasila sebagai salah satu dari empat pilar bangsa itu.

"Saya menyerukan agar MPR meralat seperti khitah bahwa Pancasila adalah dasar atau asas negara yang tunggal," tegasnya.

Dengan meletakkan Pancasila sebagai dasar negara, menurut dia, bangsa Indonesia akan semakin kokoh dalam hidup berbangsa serta tidak akan mudah dipengaruhi oleh sektarianisme ataupun fundamentalisme.

Penolakan Pancasila sebagai bagian dari pilar bangsa tersebut muncul setelah mempertimbangkan alasan sering munculnya berbagai persoalan kebangsaan, seperti Qanun Aceh, konflik Sunni-Syiah, dan hubungan antarkelompok agama.

"Keputusan ini munul setelah PKB mempelajari kenapa kehidupan kebangsaan kita tidak cukup kokoh. Berbagai persoalan tersebut muncul karena kita belum teguh dan commit terhadap Pancasila," katanya.

PKB akan menyampaikan keberatannya kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan kepada Ketua MPR Taufiq Kiemas melalui perwakilan partai di MPR RI.

"Kita akan sampaikan ke Presiden dan semua pihak, bahwa Pancasila adalah satu-satunya dasar," tambahnya.

NU, melalui Muktamar 1984, telah menyatakan Pancasila menjadi asas tunggal, sehingga PKB ingin agar Pancasila tetap diletakkan sebagai dasar, bukan pilar bangsa. (Antara)


Editor: Henri Salomo Siagian

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment