Sunday, April 7, 2013

[batavia-news] Pemprov Lemah Perjuangkan PI 10 Persen Blok Masela

 

Ref. SBY biasa membuat janji, tetapi janjinya tidak biasa dia tepati, hal harus dipahami! Selain itu bagaimana bisa diberikan kepada Maluku kalau kontrak  30 tahun telah dibuat dengan pembagian, 60% Inpex , 30% Shell, 10% Mega Persada (Bakrie Group)? Bukankah menteri dalam negeri telah menyatakan tidak bisa diberikan 10% untuk Maluku? Jadi nol besar, dari itu rakyat Maluku jangan mimpi akan dapat menikmati bahagian kekayaan alam di wilayahnya. Sekali lagi jangan mimpi!
 
 

Pemprov Lemah Perjuangkan PI 10 Persen Blok Masela

 

Ambon - Kendati Presiden Susilo Bam­bang Yudhoyono telah memas­tikan bahwa pengelolaan Participating Interest (PI) 10 Persen Blok Masela diserahkan kepada Provinsi Maluku, namun hingga kini belum ada kepastian dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Wakil Menteri Perindustrian, Alex Retraubun kepada wartawan usai menghadiri pembukaan Mus­rembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2014, di Islamic Center Jumat (5/4) menilai, belum adanya persetu­juan dari kementerian ESDM atas PI 10 Persen Blok Marsela mem­buktikan lemahnya Pemprov Maluku dalam memperjuangkan hak-hak yang seharusnya men­jadi milik daerah ini.

Ia menegaskan, untuk men­dapat persetujuan pengelolaan  PI  10 Persen Blok Marsela, maka perlu adanya sinergitas  antara gu­ber­nur dan para bupati di daerah ini, sehingga dapat dikelola secara baik demi pembangunan Maluku ke depan.

"Pempus tidak melihat Pemprov Maluku dalam hal PI 10 Persen dari Blok Masela  itu, karena kelemahan dari kita di Maluku baik pemerin­tahnya maupun  tokoh-tokoh  muda yang tidak bersinergi dalam mem­per­juangkan haknya," tandas Retraubun.

Menurutnya, Blok Marsela meru­pa­kan sebuah proyek besar yang dipergunakan untuk kepentingan Maluku, dimana tidak ada sumber daya alam lainnya yang sehebat Marsela. "Blok Masela yang berada di Pulau Masela Kabupaten MBD, me­ru­pakan sebuah proyek besar yang dipergunakan untuk kepentingan Maluku dan tidak ada sumber daya alam yang sehebat proyek ter­sebut,"katanya

Bukan hanya itu Retraubun menambahkan, dari kandungan gas bumi yang ada disana,  diharapkan dapat berdampak pada pem­bangu­nan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Maluku.

"Kita harapkan Blok Masela ini berdampak pada pembangunan ekonomi daerah, sehingga perlu dirancangkan berbagai program pembangunan secara berkelanjutan dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat,"ungkapnya.

Anggota DPD RI John Pieris kepada Jumat (5/4), juga mengung­kapkan hal yang sama. Pieris bahkan mendesak Pemerintah Provinsi Maluku untuk proaktif memper­juang­kan PI 10 persen tersebut.

"Sebetulnya pemprov sudah maksimal dan Presiden SBY sendiri sudah pidato saat MTQ 2012 kemarin, namun belum teralu terlambat sih. Saya kira pemerintah harus menyurati lagi minta bantuan DPR dan DPD untuk mensuport perjuangan ini agar supaya kita tidak saja terpergantung dari DAK dan DAU tetapi juga dari PI 10 persen itu," tandas Pieris.

Sebelumnya diberitakan, sesuai dengan aturan UU, bukan saja Kabu­paten MBD maupun Kabupaten MTB yang akan memperoleh bagi hasil pengelolaan Blok Masela tersebut tetapi seluruh kabupaten/kota di Maluku juga berhak untuk memperoleh PI 10 persen tersebut.

Berbagai syarat yang ditentukan dalam undang-undang untuk mendapatkan persetujuan penge­lolaan blok migas Masela telah dipenuhi Pemprov Maluku, terma­suk membentuk PT Maluku Energi sebagai badan usaha bersama sebuah anak perusahaan, dan modal sebesar Rp 14 trilyun yang siap disalurkan PT Syabas Energi ke PT INPEX Coorporation.

Perusahaan asal Jepang itu telah melakukan eksplorasi selama 10 tahun di perairan Masela, dan meren­canakan eksploitasinya mulai 2016 dengan investasi senilai Rp 140 triliun. Pemprov Maluku yang mem­per­juangkan hak pengelolaan 10 persen tentu harus menyiapkan dana segar sebesar Rp 14 triliun. (S-27/S-34)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment