Wednesday, April 10, 2013

[batavia-news] Rakyat 'Terpaksa' Pilih Caleg yang Ada

 

Ref: Mengapa harus terpaksa?  Kalau di pasar hanya  dijual ayam busuk apakah mau juga dibeli tanpa diperhitungkan akibatnya bagi kesehatan? Bukankah ada kebebasan memilih?
 
 

Rakyat 'Terpaksa' Pilih Caleg yang Ada

Senin, 08 April 2013, 23:08 WIB
Hanta Yudha

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rakyat terpaksa harus memilih calon legislatif (caleg) yang sudah disusun partai politik. Pengamat politik Poltracking Institute Hanta Yudha AR mengatakan, rakyat hanya dilibatkan saat proses eleksi dibanding seleksi.

Hanta menambahkan, proses seleksi caleg memang menjadi ranah parpol. Namun seyogyanya parpol membuat indikator yang jelas dalam penyusunan daftar caleg sementara (DCS). "Rakyat tidak punya waktu banyak mengenal calon," ungkapnya saat dihubungi Republika, Senin (8/4).

Hanta menyebut parpol harus memikirkan kemampuan caleg dalam menjalankan tugas kedewanan. Tiga kriteria caleg ideal harus disodorkan ke publik. "Yakni kapabilitas, integritas dan akseptabilitas," katanya. Caleg yang dipilih parpol berdasar faktor popularitas dan kapital akan sulit diharapkan berkinerja baik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membuka pendaftaran DCS mulai esok, 9 April hingga 22 April 2013. KPU mensyaratkan parpol untuk menyerahkan secara lengkap DCS mulai dari level DPRD kabupaten/kota hingga DPR.

Reporter : Hafidz Muftisany
Redaktur : Mansyur Faqih

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment