Wednesday, April 10, 2013

[batavia-news] Sosiolog: Segera Benahi Pembangunan Demokrasi

 

Ref: Oh, jadinya selama ini hanya demonkrasi??
 
 
 
Sosiolog: Segera Benahi Pembangunan Demokrasi
Rabu, 10 April 2013, 08:04 WIB
Komentar : 0
Antara/Ampelsa
Pasukan gabungan TNI/Polri melakukan pengamanan saat pendukung bendera Aceh berlambang bulan bintang menggelar aksi di pendopo Gubernuran, Banda Aceh, Kamis (4/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sosiolog Universitas Nasional, Nia Elvina, mengatakan pembangunan demokrasi di Indonesia perlu segera dibenahi. "Jika tidak, maka pembangunan demokrasi di negeri ini akan sulit mencapai cita-cita Bangsa Indonesia," katanya di Jakarta, Rabu (10/4).

Dia menilai, banyaknya kasus menyebabkan pembangunan demokrasi Bangsa Indonesia berjalan sangat lamban. Ini terjadi karena masih banyak anggota DPR pusat dan daerah yang tidak paham akan Demokrasi Pancasila. "Banyak produk hukum dan sikap mereka yang bertentangan dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila," kata Sekretaris Program Sosiologi Unas ini.

Ia merujuk pada kasus yang terbaru, yakni seperti DPRD Aceh yang mengesahkan bendera sendiri. Kemudian, kata dia, juga kasus di DPRD Banten yang menggunakan joki dalam kunjungan kerja. "Maka, saya pikir perlu segera dibenahi pembangunan demokrasi di Indonesia," katanya.

Nia Elvina menyebut kondisi sekarang ini sama seperti yang pernah dilontarkan salah satu pendiri bangsa, Mohammad Hatta, yakni, "Kita banyak bercita-cita selama terjajah, setelah merdeka kehilangan rupa." Menurut dia, demokrasi dengan memberikan otonomi seluas-luasnya ke daerah, perlu diformulasikan kembali.

Ia mengatakan titik berat otonomi seharusnya diletakkan pada level kabupaten. "Sebab, kabupaten akan memimpin perkembangan otonomi desa secara berangsur-angsur sampai desa bisa benar-benar mengurus rumah tangganya sendiri," katanya. Dengan adanya sistem seperti ini, kata dia, maka pemerintahan akan lebih efektif.

Redaktur : Dewi Mardiani
Sumber : Antara

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment