Friday, April 12, 2013

[batavia-news] Tradisi Timba Laor Akan Dijadikan Agenda Tahunan

 

Ref: Pesisir pantai kota Ambon tidak ada, karena kota Ambon letaknya dalam teluk. Seharusnya ditulis pantai selatan pulau Ambon dan bukan saja di tempat-tempat yang disebutkan, tetapi juga di beberapa pulau yang kampung-kampunya berhadapan dengan laut Banda. "Cacing" laut ini difermentasikan, warnanya hijau dan rasanya kurang lebih seperti apa yang disebut "bekasan" (?)yang terdapat di Thailand, daerah Patani.
 
 
JUMAT, 12 April 2013 |

Tradisi Timba Laor Akan Dijadikan Agenda Tahunan
 

TRADISI Timba Laor atau Cacing Polychaeta yang dilakukan warga pesisir pantai di Kota Ambon, akan dijadikan sebagai pesta rakyat dan agenda tahunan oleh Pemerintah Kota (pemkot) Ambon.

Pelaksanaannya akan dipusatkan di pantai Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) setiap tahun.

"Tradisi Laor rutin dilakukan di beberapa negeri di Kota Ambon. Diantaranya Rutong, Hukurila Kecamatan Leitimur Selatan, Pantai Air Low dan Latuhalat. Tradisi ini dilakukan setiap tahunnya dan harus kita jaga serta lestarikan,"ajak Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, di sela-sela pertemuan Coral Triangle Invitative (CTI) di Pantai Rutong, Rabu (10/4).

Walikota mengatakan, Letisel memiliki potensi pantai yang sangat cocok untuk aktivitas diving. Terumbu karang di wilayah ini sangat banyak dan terawat dengan baik. Maka itu, dipilihnya Rutong sebagai tempat pelaksanaan tradisi Timba Laor dinilai tepat. Alasannya, untuk memperkenalkan wilayah yang ada sekaligus memberi pemahaman kepada masyarakat agar manjaga dan melestarikan terumbu karang.

Dikatakan, pesta rakyat Timba Laor hanya berlangsung pada dua lokasi di Indonesia yaitu Mataram dan Kota Ambon. Hanya saja, di Kota Ambon, minim promosi. Padahal, sudah ratusan tahun tradisi Timba Laor ini dilakukan oleh masyarakat. "Tahun 2013 ini, kita mulai melakukan promosi dan tahun depan kita rencana paketkan dengan pagelaran seni dan budaya lainnya untuk memikat wisatawan datang ke Kota Ambon,"bebernya.

Yang diharapkan walikota, semoga tradisi Timba Laor menjadi atraksi wisata terkenal di Ambon. Laor ini biasanya dipengaruhi siklus bulan dan matahari. Munculnya dipermukaan laut pada Maret atau April di kawasan pantai yang terumbu karang masih baik. (CR3)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
MARKETPLACE


.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment