Thursday, December 12, 2013

[batavia-news] Survei: SBY lengser, Demokrat ditinggalkan

 

res : Kacian eh kasian!  Agak tidak terlambat sebaiknya mulai sekarang hendaklah kita ucapkan "goodbye PD"
 
 
 
Thursday, 12 December 2013 17:29    PDF Print E-mail
Survei: SBY lengser, Demokrat ditinggalkan
Warta
WASPADA ONLINE

(merdeka.com)

JAKARTA - Peneliti Soegeng Sarjadi Syndicate, Ari Nurcahyo, mengatakan, Partai Demokrat akan ditinggalkan oleh para pemilihnya pasca-lengsernya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden pada tahun 2014.

Hal ini didasarkan pada sejarah partai politik Indonesia yang berkaitan erat dengan tokoh politik.

"Sejarah politik Indonesia itu kan sejarah tokoh, SBY lengser, suara Partai Demokrat akan menurun," kata Ari saat memaparkan hasil kajian lembaganya di kantor SSS, Wisma Kodel, Jakarta, hari ini.

Berdasarkan meta analisis dan Focus Group Discussion terhadap survei-survei dan literatur, hasil kajian SSS memperlihatkan adanya pola berulang dalam sejarah politik Indonesia. Lengsernya Soekarno dibarengi dengan turunnya perolehan suara PNI pada pemilu 1971. Begitu pula jatuhnya Soeharto membuat jatuhnya perolehan suara Golkar pada pemilu 1999.

join_facebookjoin_twitter

Pola yang sama juga diperlihatkan saat Megawati lengser sebagai presiden pada tahun 2004 yang membuat perolehan suara PDI Perjuangan turun dari 33,74 persen pada Pemilu 1999 menjadi 18,53 persen pada Pemilu 2004.

Turunnya Hamzah Haz juga diikuti dengan menurunnya perolehan suara PPP yang menjadi kendaraan politiknya.

Terkait hal itu, Ari menyinggung Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat sebagai kartu truf bagi Demokrat. Tetapi, sejauh ini konvensi ini belum memberikan pengaruh signifikan terhadap elektabilitas Demokrat.

Berdasarkan kajiannya, Demokrat yang kemungkinan mendapat perolehan suara sekitar 8 hingga 10 persen akan bertarung dengan Partai Gerindra untuk memperebutkan posisi tiga. Hingga bulan Desember 2013, para capres konvensi, kata Ari, juga belum terlihat berpotensi menembus lima besar di antara capres-capres definitif yang ada.

Ia mengatakan, sejauh ini, dengan elektabilitas sekitar 5,2 persen, hanya Dahlan Iskan yang mampu bersaing dengan capres-capres lainnya.

"Partai Demokrat harus kerja keras dan membuat terobosan terhadap pelaksanaan konvensi," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak mempersoalkan panasnya situasi politik jelang 2014. Itu dianggap sebagai suatu yang wajar.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat itu menilai, tahun politik 2014 pasti ramai dengan semakin menghangatnya politik. Tapi dia berharap, keamanan tetap kondusif.

"Ini tahun politik, kita sudah rasakan menghangatnya situasi politik di negeri kita. Kalau menghangatnya situasi politik itu berkaitan dengan pemilu itu wajar. Yang penting saya menyeru kepada para elit dan para politisi untuk tetap bisa menahan diri, ada batas kepatutan dalam kampanye pemilu agar rakyat tidak jadi korban," jelas Presiden SBY sebelum bertolak ke Jepang, di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, hari ini.

SBY berharap, semua pihak bisa menahan diri. Himbauan ini terlebih kepada para elit politik. SBY berharap, elit politik bisa menjaga sikap. Sebab, bisa saja menghangatnya situasi politik dimanfaatkan untuk mengacaukan situasi.

"Saya senang selama ini kolega-kolega saya para elit dan politisi pada saatnya mampu menjaga keteduhan pelaksanaan kampanye. Namun, tidak mustahil ada pihak-pihak tertentu dengan motif tertentu yang tidak baik," jelas Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat ini.



I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 1167 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment