Friday, January 31, 2014

[batavia-news] Lingkaran Problem Ibu Kota

 

res : Untuk melihat video footage, click situs :
 
 

Lingkaran Problem Ibu Kota

Kamis, 30 Januari 2014
 
Video
 
 
BANJIR dan kemacetan lalu lintas menjadi tali-temali persoalan di Ibu Kota yang semakin melelahkan dan menyesakkan warganya. Setiap kali banjir datang, setiap itu pula seluruh warga Ibu Kota terjebak dalam kemacetan masif yang berkepanjangan.

Fenomena yang sudah menjadi klasik itu, ironisnya, belum juga berhasil  diatasi. Hujan yang turun sejak Selasa (28/1) malam hingga Rabu dini hari kemarin membuat sebagian wilayah Ibu Kota tergenang. Ribuan warga Jakarta mengungsi karena rumah-rumah mereka kembali terendam.

Bukan hanya itu, akibat banjir, beberapa titik jalan protokol dan jalan bebas hambatan pun tergenang air. Dampaknya, arus lalu lintas terhalang genangan air dan kemacetan panjang pun timbul di mana-mana.

Kemacetan masif itu pada giliran berikutnya menghasilkan penundaan dan  bahkan pembatalan berbagai aktivitas kehidupan di Ibu Kota yang menimbulkan kerugian tidak ternilai. Ia mengakibatkan perlambatan pertumbuhan dan bahkan kontraksi ekonomi.

Banjir dan kemacetan memang telah menjadi lingkaran setan persoalan di Jakarta yang berdampak sangat besar terhadap seluruh aspek kehidupan. Yang menyedihkan, tidak ada yang bisa menjawab sampai kapan Jakarta bisa keluar dari lingkaran persoalan yang telah menjerat sejak berpuluh-puluh tahun itu.

Benar, bahwa kita tidak sedang berada dalam kondisi yang sama sekali tanpa harapan untuk mengatasi persoalan itu. Beberapa program yang masih direncanakan dan tengah dijalankan oleh Gubernur DKI Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki Tjahja Purnama dalam beberapa hal dapat memberikan gambaran bahwa suatu saat Jakarta bisa melakukannya.

Pembuatan waduk baru di Ciawi dan Sukamahi, revitalisasi Waduk Puit dan Waduk Ria-Rio, normalisasi sungai, pemberdayaan transportasi massal, dan berbagai program lainnya ibarat 'seberkas cahaya di terowongan gelap'.

Namun, tidak ada yang bisa menjamin progam itu akan mampu menuntaskan  seluruh persoalan Jakarta, khususnya banjir dan kemacetan masif. Apalagi proyek-proyek tersebut baru akan selesai dalam beberapa tahun mendatang, itu pun bila prosesnya lancar.

Berbagai hambatan klasik seperti alotnya proses pembebasan lahan biasanya selalu hadir. Belum lagi jika warga Jakarta tidak mendukung, misalnya tetap memelihara dan bahkan menyuburkan perilaku membuang sampah semena-mena di sungai, menutup saluran drainase, berlalu lintas tanpa etika, dan tidak membangun dan merawat daerah terbuka hijau di lingkungan masing-masing.

Di sisi lain, perencanaan dan pembangunan jalan dan saluran air amat buruk sehingga hujan sekejap saja bisa menciptakan genangan di mana-mana. Juga, pengawasan dan penegakan hukum terhadap warga atau aparat yang berperilaku buruk dan melanggar aturan amat lemah.

Lingkaran setan persoalan lama Jakarta itu harus diputus. Caranya, seluruh komponen harus mendukung, mulai pemerintah pusat, Pemprov DKI, hingga seluruh warga, termasuk pemda di sekitar Ibu Kota. Bila tidak, kita hanya akan menjadi setan yang melingkar-lingkar tanpa pernah keluar dari persoalan yang mematikan

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment