Tuesday, November 26, 2013

[batavia-news] Samad: Hasil Pemeriksaan Boediono Kuatkan Indikasi Korupsi

 

 
 
Samad: Hasil Pemeriksaan Boediono Kuatkan Indikasi Korupsi
Selasa, 26 November 2013 - 19:03 WIB
: 212


(Foto/Antara)
BERI KETERANGAN-Wapres Boediono memberikan keterangan pers seusai menjalani pemeriksaan oleh KPK atas kasus dana talangan Bank Century di kantor Wapres, Jakarta, Sabtu (23/11).
Pemeriksaan KPK untuk mendapatkan gambaran akurat soal FPJP Bank Century.

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad mengatakan hasil pemeriksaan Wakil Presiden Boediono pada Sabtu (23/11) semakin menguatkan indikasi korupsi dalam pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan alasan penetapan Century sebagai bank gagal berdampak sistemik.  Pemeriksaan Boediono telah memberikan banyak informasi-informasi penting sesuai kapasitas Boediono sebagai Gubernur Bank Indonesia dalam penetapan FPJP dan langkah-langkah penyelematan bank tersebut.

"Kami pada prinsip keterangan Boediono semakin meyakinkan bahwa terjadi tindak pidana korupsi dalam pemberian FPJP," kata Abraham di sela-sela Seminar Dewan Guru Besar Universitas Indonesia di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, hingga kini masih mempelajari lebih lanjut keterangan Boediono untuk menentukan kesimpulan mengenai kemungkinan perlunya pemeriksaan kembali. Jika dirasa belum cukup kita masih perlu melakukan pemeriksaan. Namun jika cukup mungkin untuk sementara tidak (pemeriksaan lanjutan)," ujarnya.

Pmeriksaan pada Boediono juga menjadi langkah KPK dalam mendapatkan gambaran akurat soal FPJP Bank Century dan penetapan sebagai bank gagal berdampak sistemik. Beberapa hari sebelumnya, KPK juga memeriksa mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla terkait hal serupa.

Pada konferensi pers setelah pemeriksaan Sabtu, Boediono mengatakan pemberian FPJP karena dampak gagalnnya Bank Century mengancam perekonomian Indonesia. Kegagalan suatu institusi keuangan, kata dia, bisa menimbulkan dampak domino atau krisis sistemik.

Saat itu Indonesia tidak menerapkan "blanket guarantee" yang menjamin semua deposito simpanan di bank sehingga langkah penyelamatan Bank Century menjadi satu-satunya cara agar tidak terjadi krisis sistemik.

Wapres Boediono berpendapat langkah penyelamatan atau pengambilalihan Bank Century merupakan langkah yang tepat. Hal itu terbukti dengan situasi krisis yang dapat dilewati pada 2009 dan perekonomian Indonesia terus tumbuh.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment