Tuesday, November 26, 2013

[batavia-news] Soal Megawati, Pengamat: Dia Selera Orang Tua + Guruh Soekarnoputra: Megawati Sudah Lanjut Usia, Nggak Usah Nyapres Di 2014

 

 

Soal Megawati, Pengamat: Dia Selera Orang Tua

Soal Megawati, Pengamat: Dia Selera Orang Tua

Calon Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), Megawati Soekarnoputri dan Puan Maharani dalam jumpa pers di kediaman Megawati, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (20/9). TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, mengatakan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, kurang diminati pemilih muda. "Buat yang muda, Megawati tidak ada daya tariknya. Bicaranya sedikit, penampilan konservatif, dia selera orang tua," ujar Arbi ketika dihubungi, Senin, 25 November 2013.

Menurut dia, budaya pop yang digemari kaum muda saat ini sangat mengedepankan komunikasi. Arbi mencontohkan musik, "Mereka tidak peduli liriknya apa, kalau musiknya bagus ya mereka suka," ujar Arbi. Pemilih Megawati, menurut Arbi, didominasi oleh pemilih tua.

Hal ini terjadi juga pada tokoh politik. Gubernur DKI Joko Widodo yang elektabilitasnya terus naik digemari publik karena kemampuannya berkomunikasi dan pembawaannya yang sederhana. "Setiap Jokowi ngomong selalu jadi berita karena cara dia berkomunikasi bagus, sedangkan Mega hanya mementingkan isi," ia menambahkan.

Menurut Arbi, keberadaan Jokowi dalam partai berlambang banteng tersebut membuat suara untuk PDIP naik menjadi di atas 20 persen. Padahal, pada Pemilu 2009 lalu, suara PDIP hanya 18 persen. "Elektabilitas Mega dalam survei-survei tidak sampai 10 persen, tapi suara PDIP bisa di atas 20 persen karena Jokowi," ujar dia.

Sebelumnya, seorang pejabat teras PDIP mengatakan pihaknya menyiapkan tiga skenario calon presiden. Pertama adalah memasangkan Megawati dan Jokowi, kedua mengusung Jokowi sebagai calon presiden dengan kader internal sebagai pendamping.
Sedangkan pilihan ketiga adalah menyandingkan Jokowi dengan orang di luar partai.

+++++

http://www.rmol.co/read/2013/03/02/100568/Guruh-Soekarnoputra:-Megawati-Sudah-Lanjut-Usia,-Nggak-Usah-Nyapres-Di-2014-

WAWANCARA

Guruh Soekarnoputra: Megawati Sudah Lanjut Usia, Nggak Usah Nyapres Di 2014
Sabtu, 02 Maret 2013 , 09:29:00 WIB

GURUH SOEKARNOPUTRA
  

RMOL. Setelah Taufik Kiemas meminta istrinya Megawati Soekarnoputri tidak nyapres lagi, kini giliran Guruh Soekarnoputri menyampaikan hal serupa.

"Jujur saja umurnya Mbak Mega sudah lanjut usia. Nggak usah nyapres lagi.  Saatnya istirahat,'' kata putra Bung Karno, Guruh Soekarnoputra, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Menurut seniman itu, usulannya itu bisa jadi tidak didengarkan. Yang penting dirinya sudah mengingatkan.

"Memang regenerasi di PDIP itu sulit terjadi. Ini sungguh memprihatinkan dan tidak sehat,'' katanya.

Berikut kutipan selengkapnya:

Kenapa Anda bilang regenerasi di PDIP tidak sehat?
Saya masih anggota DPR dari Fraksi PDIP, sehingga bisa melihat apa yang terjadi di partai ini. Saya lihat saat ini di DPP PDIP ada sesuatu yang berjalan kurang sehat.

Apa itu?
Banyak orang yang duduk di fungsionaris tidak paham ideologi  Bung Karno. Dasar perjuangan PDIP adalah ideologi yang dirumuskan Bung Karno.

Selain itu, ada keinginan untuk meng-karbit mbak Puan menjadi pemimpin. Saya kira ini nggak sehat. Saya tidak setuju kalau Puan  sengaja dikatrol seperti itu.

Siapa yang layak menjadi capres dari PDIP?
Menurut saya belum ada. Ini bukan masalah di PDIP saja, di Indonesia saat ini juga belum ada capres yang layak.

Sebab, sejak orde baru perkembangan moral dan mental bangsa kita sangat buruk, sehingga  SDM Indonesia berpikiran dangkal dan pragmatis.

Bagaimana dengan Puan atau tokoh muda lainnya?
Saya tidak tahu, tanyakan saja ke Bu Mega.

Apa Mega maju lagi?
Saya nggak mau tebak-tebak, karena kan Mbak Mega punya perhitungan sendiri. Tolong tanyakan ke Mbak Mega, kalau jadi presiden mau membawa bangsa dan negara ini ke mana.

Sepertinya Anda pesimistis?

Jujur saja umurnya Mbak Mega sudah lanjut usia. Nggak usah nyapres lagi.  Saatnya istirahat. Tapi kalau masih mau menjadi capres, itu hak beliau.

Bukankah masih banyak kader  menginginkan Mega maju lagi?

Memang ada yang menginginkan Mbak Mega tetap nyapres lagi dan tetap memimpin PDIP . Namun ada juga menginginkan agar jadi king maker saja, lakukan suksesi. 

Bagaimana peluang Mega kalau nyapres lagi?

Kalau saya lihat memang agak berat buat sekarang. Selain masalah umur, juga masalah PDIP yang perolehan suaranya menurun. Sejak Pemilu 2004 sampai Pemilu 2009 pengurangannya sangat terasa. Hal lainnya, masih ada yang mempersoalkan mengenai gender.

Dalam survei Mega unggul sebagai capres?
Ya kalau lawan Mega itu disandingkan tokoh-tokoh tua juga. Ini yang saya sebutkan tadi terjadi krisis kepemimpinan. Dalam kondisi seperti ini, nama Mbak Mega memang muncul. Tapi saya kira tidak bertahan lama.

O ya, bagaimana dengan Jokowi yang elektabilitasnya lebih tinggi dari Mega menjadi capres?
Saya kira itu wajar bila rakyat memilih Jokowi, karena kesederhanaannya dan mau turun langsung ke lapangan. Sepertinya rakyat kita gampang melupakan tokoh. Ketika ada orang yang muncul, berprestasi dan dekat dengan rakyat seperti Jokowi, langsung simpati. Makanya berharap Jokowi menjadi capres. 

Bagaimana dengan capres yang sudah muncul?

Mereka itu tidak cocok dengan cara-cara Indonesia dan Pancasila. Sebab, mereka mengadopsi gaya Amerika.

Maksudnya?
Gayanya liberalistis dan kapitalistis. Artinya kalau mau menjadi capres harus kumpul dulu uang  banyak. Apakah ini ajaran Pancasila, kan tidak.

Apa harapannya?

Kita semuanya tentu berharap bisa menuju kejayaannya dengan ideologi bangsa yang kita miliki yakni ideologi Pancasila yang digagas Bung Karno. Saya secara pribadi juga berjuang untuk itu dengan cara saya sendiri. [Harian Rakyat Merdeka]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment