Tuesday, November 12, 2013

[batavia-news] PKS Usulkan Koalisi Parpol Islam di Pileg

 

 
PKS Usulkan Koalisi Parpol Islam di Pileg
Selasa, 12 November 2013 - 17:10 WIB
: 88


(SH/Don Peter)
Hidayat Nur Wahid
Perlu dibuat kode etik agar sesama partai Islam tidak saling serang dan bermusuhan.

JAKARTA- Anggota Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengusulkan koalisi partai politik berbasis massa Islam. Namun, koalisi ini  lebih baik dilakukan dalam Pemilu Legislatif untuk meningkatkan kesadaran umat berpartisipasi dalam pemilu.

"Menurut saya koalisi (partai berbasis massa Islam) dalam Pemilu Legislatif agar umat tidak apatis dalam pemilu," kata Hidayat, Selasa (12/11).

Dia mengatakan upaya membangun kesadaran itu agar masyarakat percaya pada parpol dan sistem demokrasi sebagai sarana memperjuangkan kepentingan umat. Ini adalah upaya untuk meredam tindakan lain untuk aspirasi. Dia mengatakan jangan sampai masyarakat beralih pada tindakan terorisme sebagai pilihan.

"Apabila masyarakat apatis dengan parpol dan demokrasi sementara mereka melihat banyak tantangan dan penzoliman maka melahirkan anarkis dan terorisme," ujarnya.

Hidayat mengatakan hal itu agar masyarakat berpartisipasi maksimal dan aktif dalam pemilu serta memenangkan partai berbasis massa Islam.

"Perlu juga dibuat kode etik bersama agar sesama partai Islam tidak saling serang dan bermusuhan. Itu agenda pertama yang harus disepakati bersama," ujarnya.

Menurut dia, apabila koalisi itu dibangun berbasiskan kesepahaman dan persahabatan maka akan mudah dalam menentukan pencapresan dari koalisi tersebut.

Selain itu dia menilai koalisi dalam pileg itu agar pemilu berjalan adil, aman dan umat tidak bermusuhan. Namun, menurut dia, dalam koalisi pilpres perlu dibicarakan lebih tajam lagi karena menyangkut "presidential treshold" dan "parlementary treshold".

Di sisi lain, dia mengakui, apabila bakal capres dari koalisi partai Islam dipaksakan saat ini tapi pada hasilnya jeblok maka susah untuk melanjutkan koalisi tersebut.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment