Wednesday, November 13, 2013

[batavia-news] Tukang Kayu dan Batu Asal Indonesia Digaji Rendah di Malaysia

 

 

Tukang Kayu dan Batu Asal Indonesia Digaji Rendah di Malaysia

Feby Dwi Sutianto - detikfinance
Rabu, 13/11/2013 16:16 WIB
 
Jakarta -Para pekerja konstruksi asal Indonesia banyak bekerja di Malaysia namun mereka memperoleh gaji yang lebih rendah dari pekerja sejenis dari Malaysia

Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto (Djokir) menjelaskan hal itu terjadi karena pekerja konstruksi asal Indonesia tidak bersertifikasi. Sehingga digaji di bawah standar pekerja konstruksi profesional di Malaysia.

"TKI yang kerja di Malaysia banyak yang kerja di sana dan nggak ada sertifikat, tidak menerima gaji yang diharapkan. Tukang batu Indonesia, tukang kayu pinter-pinter," ucap Djoko Kirmanto di sela acara Indonesia International Infrastructure Conference and Exhibition (IIICE) 2013 di JCC Senayan Jakarta, Rabu (13/11/2013).

Menurutnya, sertifikasi terhadap pekerja konstruksi diperlukan. Agar pekerja asal Indonesia bisa bersaing menghadapi pasar bebas ASEAN 2015.

"Yang perlu disiapkan adalah makin profesional dan harus ada kesetaraan sertifikat antara insinyur Malaysia dan Indonesia. Jangan sampai kita terlambat, jangan sampai mereka bisa main di kita tapi kita nggak bisa main di sana," jelasnya.

Untuk meningkatkan daya saing, pemerintah Indonesia dan negara tetangga perlu melakukan program penyetaraan dan penyelenggaraan sertifikasi bagi pekerja konstruksi. Sehingga pekerja konstruksi asal Indonesia bisa bersaing di pasar tenaga kerja ASEAN.

"Kemampuan ditingkatkan, kerjasama di luar negeri digaji harus sama kalau punya sertifikat. Perlu ada kerja sama dengan negera ASEAN," terangnya.

Masalah sertifikasi ini sudah dibahas oleh
kedua negara.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment