Wednesday, November 13, 2013

[batavia-news] Ribuan Buruh Cianjur Demo

 

 
rabu, 13 november 2013 18:19 WIB

Tuntut Perbaikan Kesejahteraan

Ribuan Buruh Cianjur Demo

bisri mustofa/GM
RIBUAN buruh dari berbagai perusahaan di Cianjur Rabu (13/11/2013) menggelar aksi unjuk rasa didepan Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kab. Cianjur di jalan Raya Bandung. Mereka menuntut UMK Kab. Cianjur sebesar Rp 1.700.000.-
 
CIANJUR (GM) - Ribuan buruh dari berbagai perusahan di Kab. Cianjur, Rabu (13/11/2013) menggelar aksi demo didepan kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Jalan Raya Bandung Kec. Karangtengah Kab. Cianjur. Mereka melakukan aksi untuk menuntut kesejahteraan.

Para buruh yang mengenakan ikat kepala warna biru bertuliskan KSPI itu tiba didepan kantor Disnakertrans setelah sebelumnya berkumpul di terminal Rawabango. Begitu tiba didepan gerbang Dinsosnakertran, mereka langsung menggelar orasi.

Menurut buruh, sudah saatnya buruh Cianjur bangkit memperjuangkan haknya dari penindasan. Buruh meminta perusahaan memperhatikan hak-hak buruh. Mereka juga meminta bupati juga bertanggungjawab atas penentuan upah buruh. Sampai berita ini ditulis, ribuan buruh masih melakukan aksinya didepan kantor Dinsosnakertrans. Belum ada pejabat dari Dinsosnakertrans yang menemui mereka.

Diterima Kadinsosnakertrans
Setelah beberapa saat menggelar orasi didepan kantor Dinsosnakertrans Kab. Cianjur, beberapa perwakilan buruh diterima masuk kedalam kantor dan diterima oleh Kepala Dinsosnakertrans H. Sumitra. Turut mendampingi Kapolres Cianjur AKBP Dedi Kusuma Bakti.

Sementara disaat perwakilan buruh mengadakan pertemuan, didepan gerbang Dinsosnakertrans, ribuan buruh sabar menanti keputusan perwakilan mereka. Sambil menunggu mereka terus menggelar orasi.

Dalam orasinya buruh meminta Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh untuk menetapkan UMK sebesar Rp 1.700.000,-. Menurut mereka kewenangannya ada di tangan bupati. "Kita datang melakukan aksi untuk memperjuangkan hak buruh, upah buruh Cianjur harus Rp 1.700.000,-. Saya sudah ketemu bupati, dia janji untuk menetapkan upah buruh, tapi sampai saat ini belum ada kejelasan," kata Ketua DPD SPSI Jawa Barat Royjinto dalam orasinya.

Pihaknya juga meminta kepada buruh, untuk tidak takut mendapatkan sanksi dari perusahaan. Jika perusahaan ditempatnya bekerja tidak melaksanakan hak buruh, maka perusahaan tersebut wajib didemo. "Kita ingin seluruh buruh juga masuk dalam Jamsostek, karena itu hak," tegasnya
 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment