Saturday, November 16, 2013

[media-jabar] Siaran Pers Sikapi Aksi Seremonial Bupati Bandung Tentang Pencemaran DAS Citarum

 

Siaran Pers

AKSI BERSAMA JANGAN HANYA SEREMONIAL DAN PENCITRAAN PUBLIK BUPATI BANDUNG BELAKA…!

 

Bandung, 17 November 2013


Menyikapi aksi bersama yang akan dilakukan pada hari Senin, tanggal 18 November 2013 di lapangan Toserba Borma Desa Sukamaju Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, dengan agenda pemancangan plang peringatan dan penandatanganan spanduk dukungan aksi bersama penyelamatan Sungai Citarum yang akan dihadiri oleh Bupati Bandung TIDAK SEKEDAR SEREMONIAL BELAKA, HANYA KAMPANYE DAN PENCITRAAN PUBLIK TANPA ASKI NYATA PEMERINTAH.

Maka kami dan berbagai organisasi, komunitas dan masyarakat korban pencemaran pabrik di Kabupaten Bandung Hulu Citarum menyampaikan beberapa hal :

  • Sesungguhnya gagasan aksi bersama yang sejak awal digagas oleh masyarakat dan komunitas korban pencemaran bukan aksi seremonial yang dilakukan seperti ini namun aksi nyata di mana pemerintah dan Bupati Bandung melakukan aksi tegas penindakan hukum bagi para pelaku pencemaran dan penutupan saluran-saluran pencemaran dan melakukan upaya pemulihan lingkungan hidup akibat pencemaran yang dilakukan oleh perusahaan/pabrik.
  • Aksi bersama ini jangan hanya seremonial dan pencitraan publik yang menguntungkan bupati belaka namun dilakukan dengan aksi nyata di lapangan untuk menghentikan pencemaran limbah pabrik yang semakin tidak terkendali dan membabi buta.
  • Seharusnya pemancangan plang peringatan dilakukan di depan /halaman perusahaan atau pabrik berada.
  • Kami akan mengawal komitmen Bupati Bandung untuk menghentikan pencemaran dan menindaktegas pelaku pencemaran limbah industri, namun jika dalam satu bulan pencemaran limbah ke media air, sungai dan sekolan maka masyarakat korban, komunitas dan organisasi lingkungan akan melakukan gugatan dan menghentikan pencemaran limbah pabrik  dengan cara warga /masyarakat sendiri.
  • Sampai saat ini juga, warga korban yang melakukan berbagai pelaporan terus di intimidasi oleh pihak perusahaan dan pihak-pihak tertentu atas nama keamanan bahkan ditemukan muncul spanduk2 yang berisi ancaman bagi warga yang melakukan aksi penolakan pencemaran. Keselamatan dan keamanan warga korban pun semakin terancam.

 

Dalam momentum aksi bersama ini juga kami menyatakan sikap :

  1. Mendesak jaminan perlindungan pemerintah terhadap warga yang aktif melakukan pengawasan dan pemantauan pencemaran di lapangan
  2. Menuntut tanggung jawab negara (pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten) untuk melakukan tindakan tegas menghentikan pencemaran limbah pabrik di DAS Citarum
  3. Menuntut moratorium perijinan dan perluasan Pabrik di Kawasan Majalaya, Solokanjeruk dan sekitarnya di Kabupaten Bandung dan Kawasan Citarum Hulu

 

Demikian, terimakasih.

Bandung, 17 November 2013

Wahana Lingkungan Hidup Indinesia ( WALHI Jawa Barat )

 

 

Dadan Ramdan

Direktur Eksekutif Walhi Jawa Barat

082116759688



--
"Selamatkan Rakyat dan Pulihkan Lingkungan Hidup Jawa Barat"
 ***********************************************************************************************
 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat
 Jalan Piit Nomor 5 Bandung 40133
 Telp/Fax. +62 22 250 7740
 E-mail : jabar@walhi.or.id, walhijabar@gmail.com, walhi@walhijabar.org
 Tweeter :@walhijabar
 Website : www.walhijabar.org
 Donasi Publik Bank Mandiri No Rekening 131-00-0992585-2 atas nama Walhi Jawa Barat
 ***********************************************************************************************

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment