Sunday, December 1, 2013

[media-jabar] Rekomendasi Bulan Ini (Desember 2013): Ayo Sekolah di TVRI - TVRI

 

TVRI, Senin-Jumat, pukul 19.00 WITA
Ayo Sekolah di TVRI adalah tayangan anak yang edukatif. Di tengah menimbunnya tayangan yang hanya menjadikan anak sebagai talent atau tontonan tak pantas, Ayo Sekolah di TVRI berani menawarkan konsep berbeda yang menjadikan anak sebagai pelaku belajar itu sendiri.
Tayangan yang tayang tiap Senin hingga Jumat di TVRI ini dibagi dalam beberapa bagian: lagu pembuka berjudul "Ayo Sekolah" yang dinyanyikan berulang oleh sebuah kelompok musik, penuturan sejarah sebuah peristiwa yang berbeda tiap episodenya, dan "kelas eksperimen", di mana anak-anak diajarkan untuk bermain sambil belajar sains. TVRI mencoba menarik minat anak untuk belajar sejarah dengan menampilkan pertunjukkan pantomim sebagai pengantarnya. Beragam peristiwa dari sejarah berdirinya Monas hingga perjalanan hidup Budi Utomo disajikan. Sementara pada kelas eksperimen, anak-anak diajak untuk belajar beragam peristiwa sains yang dekat dengan mereka sehari-hari. Misalnya, menunjukkan bahwa air yang dimasukkan ke dalam ember kecil dan diputar—seperti gaya seorang koboi yang memutar tali secara horisontal di samping kepalanya—tidaklah tumpah. Pemilihan eksperimen yang ditampilkan pun berpotensi besar menarik minat anak untuk belajar.
Namun, sayangnya ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi tayangan berdurasi 30 menit ini. Dilihat dari sajian pelajaran sejarahnya, misalnya, tentu tayangan ini bukan dimaksudkan bagi penonton usia SD dan TK, seperti yang dimaksudkan oleh segmen "kelas eksperimen". Narasi, materi visual, serta bobot kontennya terasa tak pas untuk mereka karena terlalu berat dan monoton. Selain itu, kurangnya eksplorasi terhadap tema yang disajikan mengakibatkan minimnya materi tayangan, sehingga isi dan cara penyajian Ayo Sekolah di TVRI  tidak beragam dan akhirnya membosankan. Masing-masing segmen di atas pun berdurasi cukup panjang, sehingga ragam segmennya pun terbatas.
Tayangan ini akan lebih baik jika terus dikembangkan dan diperkaya materi dan pengemasannya. Konsistensi pemilihan segmen umur penonton pun harus dijaga, sehingga konten tayangan dapat diterima dengan baik oleh penonton yang tepat. Dengan demikianAyo Sekolah di TVRI semakin menarik bagi anak-anak, dan senantiasa menjadi tontonan yang tidak hanya menghibur, namun juga sehat serta mendidik.
Tim Produksi:
Penanggungjawab Program: Irwan Hendarmin
Penanggungjawab siaran: Agoes Widjojono
Supervisi Produksi: Firman Krisna & Sanulingga
Supervisi Teknik: Hadi S.
Perencana Siaran: Donny Putra
Produser: Untari
 Baca selengkapnya >> www.remotivi.or.id
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment