Sunday, December 1, 2013

[batavia-news] RI Negara Terbanyak Pahlawan dan Koruptor

 

res : Koruptor selalu berhasrat dijadikan pahlawan dan sebaliknya banyak pahlawan adalah koruptor.
 
 
Sabtu, 9 November 2013 08:47 WIB

RI Negara Terbanyak Pahlawan dan Koruptor

Kinoy — HARIAN TERBIT

TMP Kalibata

JAKARTA – Sejarawan muda Bonnie Triyana mengatakan, dibandingkan seluruh negara yang ada di dunia, Indonesia merupakan bangsa yang paling banyak memiliki pahlawan. Namun sayangnya, jujmlah koruptornya juga terbanyak di dunia.

"Indonesia punya pahlawan dengan jumlah terbanyak di dunia, karena tiap tahun dianugerahi, belum lagi yang tidak dikenal, tetapi masalahnya koruptornya juga paling banyak," kata Bonnie, Jumat, di Jakarta.

Merujuk pada data Kementerian Sosial, saat ini sedikitnya terdapat 156 orang Pahlawan Nasional, ditambah tiga orang yang akan dianugerahi gelar serupa oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Tiga orang tersebut adalah Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Radjiman Wedyodiningrat dari Yogjakarta, Lambertus Nicodemus Palar dari Sulawesi Utara dan Letjen TNI (Purn) TB Simatupang dari Sumatera Utara.

Sementara berdasarkan tabulasi data penanganan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahun 2004-2013 per 30 September 2013 memperlihatkan sedikitnya telah dilakukan 509 penyelidikan, 334 penyidikan, 203 penuntutan, 228 kasus yang sudah inkracht atau berketatapn hukum dan 236 eksekusi.

Banyaknya jumlah pahlawan di Indonesia, menurut Bonnie juga sempat disebutkan oleh Sejarawan asal Belanda Gerry van Klinken dalam tulisannya. Hal tersebut kerap kali juga menimbulkan kebingungan di antara para peneliti dunia.

"Van Klinken dan peneliti-peneliti lain itu seringkali bingung dengan Indonesia. Orang Indonesia dikenal punya kebiasaan tidak menonjolkan peran, tetapi kalau dilihat di toko buku banyak sekali biografi-biografi yang menonjolkan perannya masing-masing," ujarnya.

Bonnie mengingatkan, Bangsa Indonesia jangan sampai terjebak pada konsep, yang menurut Sejarawan Thomas Carlyle disebut "heroes and hero worships" atau pemujaan terhadap para pahlawan.

"Seolah-olah sejarah ini digerakkan oleh para pahlawan semata. Padahal, seorang petani di masa perang yang membantu logisitik pejuang juga bisa dikatakan pahlawan," ucapnya.

Oleh karena itu Bonnie mengusulkan pemerintah melakukan moratorium atau penghentian sementara pemberian gelar pahlawan nasional setiap tahun, dan lebih berkonsentrasi untuk mendorong penelitian dan penulisan sejarah.

"Penulisan sejarah harus didorong dari berbagai sisi, sehingga penelitiannya juga lebih berimbang tentang perang orang-orang baik di tingkatan elit maupun masyarakat umum dalam sejarah Indonesia. Itu yang lebih penting," ujarnya.

Meski demikian, berkaitan dengan pemberian gelar pahlawan nasional kepada tiga tokoh menjelang peringatan Hari Pahlawan 2013 berimbang, Bonnie menilainya cukup berimbang, mengingat keragaman latar belakang masing-masing tokoh.

"Jadi kalau dilihat, perimbangan latar belakang penerima gelar ini memperlihatkan bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia itu bukan hanya hasil perjuangan senjata saja," kata Bonnie. Bagi masing-masing pahlawan nasional pemerintah memberikan tunjangan sebesar Rp1,5 juta setiap bulan dan bantuan kesehatan Rp3 juta setiap tahun bagi ahli waris.

Editor — Maghfur Ghazali
 


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 553 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (2)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment