Sunday, December 1, 2013

[batavia-news] Ical dan Megawati bakal ditinggalkan pemilih

 

 
 
 
Sunday, 01 December 2013 23:25    PDF Print E-mail
Ical dan Megawati bakal ditinggalkan pemilih
Warta
WASPADA ONLINE

)

JAKARTA - Kecenderungan pemilih nasional di Pemilu 2014 diprediksi akan meninggalkan para elite lama yang kembali mencalonkan diri sebagai Calon Presiden (Capres).
 
Dari hasil survei Indikator Politik Indonesia (IPI) bertema "Kualitas Personal dan Elektabilitas Calon Presiden di Mata Pemilih", kriteria calon presiden dari nama-nama elite lama yang bakal ditinggalkan pemilih adalah Megawati Soekarno Putri, Prabowo Subianto, dan Aburizal Bakrie.
 
Menurut Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi, masyarakat pemilih nasional saat ini umumnya mendambakan presiden yang bisa dipercaya atau jujur dengan persentase 51 persen. "Masyarakat tidak lagi memprioritaskan pintar, tegas, atau berwibawa," katanya di kantor IPI, Cikini, Jakarta Pusat, hari ini.
 
Pasalnya, para pemilih ini, sambung Burhanudin, lebih menginginkan elite baru karena sudah tidak percaya dengan elite lama.
 
"Aspirasi ini tercermin terutama pada warga yag relatif mengakses berita di media secara teratur, dan berlatar belakang demografi lebih baik, lebih berpendidikan, tinggal cenderung diperkotaan, dan bekerja di sektor yang bertumpu pada pengetahuan dan skill," tandasnya.
 
Mayoritas pemilih ini umumnya dari kalangan muda dengan umur dibawah 40 tahun, yang dianggap sebagai motor bagi pembaruan politik. Dimana mereka cenderung kritis dan tidak dipercaya pada elite lama dan menaruh harapan dan kepercayaan pada elite baru.
 
Burhanudin menuturkan pergeseran kepercayaan terhadap elite lama kepada elite baru menjadi desakan munculnya elite yang bisa dipercaya.
 
"Ini adalah pesan jelas dari rakyat kepada elite politik di negeri ini," tukasnya.
 
Namun, aspirasi ini memang hanya dari sisi demand, sedangkan dari sisi supply, yakni dari elite politik dan partai-partai, memang masih ditunggu dari kepekaan partai politik.
 
Sekedar diketahui, survei ini dilakukan dengan beberapa konsep yang sering ditemukan dan sangat berpengaruh, yakni kompetensi, integritas, empati, tegas, dan wibawa.
 
Survei ini dilakukan pada 1200 sampel yang berumur diatas 17 tahun, dengan margin of error ± 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden diwawancara secara tatap muka, dengan 1 kelurahan hanya terdiri dari 10 responden.
 
Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen. Wawancara dilakukan 10-20 Oktober 2013


I am using the Free version of SPAMfighter.
SPAMfighter has removed 561 of my spam emails to date.

Do you have a slow PC? Try a free scan!

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment