Saturday, December 7, 2013

[batavia-news] Keluarga Haeny, Mantan Bupati Tuban, dan Kisah Istana Pribadinya

 

res : Berita lama, tetapi mungkin menarik bagi Anda bahwa bupati mempunyai koleksi  63 mobil antik.
 
 
 
Senn, 08 Agustus 2011 , 09:53:00
 

Tahun ini bisa jadi adalah ''tahun perpisahan'' bagi mantan Bupati Tuban Haeny Relawati Rini Widyastuti. Pada 1 Maret lalu, dia harus berpisah dengan jabatannya. Jumat dini hari lalu (5/8) dia harus berpisah dengan suaminya, Ali Hasan. Bagi warga Tuban, keluarga pasangan Haeny-Ali menyimpan kisah tersendiri selama sepuluh tahun mereka berkuasa.  DWI SETIYAWAN, Tuban  Kepergian Ali Hasan memang sangat mendadak. Diduga karena serangan jantung, pria 57 tahun itu mengembuskan napasnya yang terakhir pada Jumat dini hari lalu. Almarhum meninggalkan empat orang anak dari pernikahannya dengan Haeny.

Keluarga itu sangat terkenal di Tuban. Maklum, Haeny adalah bupati selama dua periode. Pada pilkada 1 Maret lalu, sebenarnya Haeny maju lagi menjadi wakil bupati. Tapi, dia kalah.
Salah satu simbol bahwa keluarga Haeny pernah menjadi keluarga nomor satu di Tuban dapat dilihat dari kemegahan rumahnya yang berdiri di lahan 3,5 hektare. Rumah itu berada di Jalan Letda Soetjipto, Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban.

Bagi warga Tuban, kesempatan bisa masuk ke ''istana'' keluarga Haeny sangat langka. Maklum, pagar istana yang dibangun sekitar 2005 itu setinggi sekitar 5 meter. Gerbangnya yang kukuh selalu tertutup rapat dan dijaga beberapa satpam. Karena itu, jangankan bisa masuk, mengintip saja sulit.

Tapi, kesempatan masyarakat Tuban dapat menyaksikan kemegahan bangunan istana itu akhirnya datang juga pada Jumat lalu (5/8).
Saat itu gerbang rumah megah tersebut dibuka lebar-lebar untuk menerima kunjungan warga yang datang melayat. Mereka datang untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Ali Hasan yang meninggal Jumat dini hari (5/8).

Para pelayat yang sebagian besar PNS (pegawai negeri sipil) mantan bawahan Haeny tampak tak menyia-nyiakan kesempatan selama berada di dalam istana itu. Maklum, bagi mereka, kesempatan itu adalah pengalaman pertama.  Karena itu, selama berada di areal rumah Haeny, mereka gunakan untuk berjalan-jalan sambil melihat-lihat aset kekayaan Ali Hasan.

Sebagian besar para pelayat mengabadikan kemegahan bangunan rumah dan fasilitasnya dengan menggunakan kamera handphone. Ada juga yang memotret dan mejeng di garasi tempat menyimpan mobil-mobil kuno koleksi almarhum. Sebagian berpose di depan sangkar besar yang dihuni orang utan. Tak jauh dari lokasi itu terdapat kandang kuda. Ada tiga ekor kuda dengan badan tinggi besar di kandang tersebut.
Bangunan rumah utama keluarga Haeny berukuran sekitar 40 x 60 meter persegi. Bangunan tersebut merupakan perpaduan gaya Jawa dan Eropa untuk eksterior, sera Arab untuk interiornya. Kekhasan Arab terlihat dari langit-langit sejumlah ruangannya yang berbentuk kubah dan menjulang tinggi. Di rumah itulah Haeny, suaminya, dan empat anaknya tinggal.

Di bagian belakang bangunan utama rumah itu terdapat garasi yang bentuknya memanjang dari timur hingga barat, membentuk huruf U. Di garasi itu ah Ali Hasan memarkir 63 mobil kuno koleksinya. Mobil-mobil tersebut diparkir berdasar jenisnya. Land Rover dikandangkan di bagian paling barat. Setidaknya ada tujuh mobil jenis itu. Dua blok garasi di sebelahnya digunakan untuk memarkir mobil jenis jip. Ali Hasan memang paling suka mobil jenis itu. Setidaknya ada 14 unit jip dari berbagai tahun dan pabrik yang berbeda dijejer.

Garasi mobil merek Hummer dan Chevrolet berada persis di belakang bangunan utama. Di tempat itu para pelayat paling banyak berpose di depan Hummer yang konon keluaran pertama.
Di garasi paling timur tak kalah ramainya. Di tempat itu terdapat 18 mobil jenis sedan seperti merek BMW, Mustang, dan Sportune, hingga Chevrolet. Ketika didekati, seluruh kunci mobil kuno tersebut ternyata sudah terpasang. ''Kalau kuncinya dikumpulkan, pasti bingung ini kunci untuk mobil yang mana,'' celetuk salah seorang pelayat.
Selain garasi untuk mobil kuno, Ali Hasan membangun garasi lagi di bagian lantai dasar rumahnya. Garasi tersebut bisa menampung sedikitnya sepuluh mobil berkelas yang digunakan sehari-hari keluarga Haeny. Dua di antaranya adalah Mercy dan Jaguar.  Fasilitas lain yang membuat kagum warga yang melayat adalah balai paseban.

Bangunan tersebut dibuat dari kayu jati berukuran besar-besar dan utuh. Delapan tiang utamanya saja berasal dari kayu jatih utuh yang besar lingkarannya satu rangkulan orang dewasa. Langit-langit paseban diukir dengan seni pahat yang tinggi. Lantainya berbahan puring atau potongan kayu jati. Untuk memberikan kesan khas Jawa, di depan paseban ditempatkan dua kentongan plus bangunan kecil untuk melindunginya.

Dua meja di paseban juga dibuat dari kayu jati utuh. Salah satu meja tersebut memiliki panjang 12 meter dan lebar sekitar 1,5 meter.
Fasilitas lain di istana tersebut adalah lapangan tenis, lengkap dengan ruangan untuk bersantai, musala, dan sangkar besar untuk satwa. Kabarnya, di dalam rumah almarhum juga terdapat kolam renang. Pujian terkait kehebatan Ali Hasan mendesain bangunan sempat dilontarkan Bupati Tuban Fathul Huda ketika memberikan sambutan.
Dia mengatakan, masyarakat Tuban menikmati keahlian Ali Hasan itu. ''Hampir semua bangunan di Tuban sumbangsih beliau (ketika istrinya menjabat). Mudah-mudahan ini menjadi amal jariahnya,'' kata Fathul Huda.
H M. Hamdani, ipar Ali Hasan, mengakui bahwa almarhum memang memiliki cita rasa yang tinggi terhadap semua hal. Termasuk urusan bangunan rumah dan kendaraan.
Khusus untuk koleksi mobil antik, Hamdani mengatakan dirinya tidak tahu sejak kapan mobil-mobil antik tersebut dikoleksi iparnya dan mendapat dari mana saja. ''Saya juga tidak tahu dia mendapat kayu jati berkualitas super karena saya sendiri juga belum pernah masuk rumah itu,'' tandas pengusaha SPBU itu. (jpnn/c4/kum

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment