Saturday, November 9, 2013

[batavia-news] 30.000 Penderita Sakit Jiwa Dipasung

 

 
 

30.000 Penderita Sakit Jiwa Dipasung

JAKARTA, (PRLM).- Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Nova Riyanti Yusuf mengatakan, tidak adanya keberpihakan pelayanan kesehatan yang menitikberatkan pada kesehatan jiwa mengakibatkan banyak pihak kesulitan mengobati/merawat anggota keluarga yang mengalami gangguan jiwa.

Data yang dihimpun Rumah Sakit Jiwa se-Indonesia menunjukkan fakta memprihatinkan, bahwa 30.000 penderita akhirnya dipasung oleh keluarganya. Langkah ini jelas melanggar HAM, kata Nova di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Dikemukakan, rapat paripurna DPR (24/10) lalu telah menetapkan RUU Kesehatan Jiwa menjadi RUU Usul Inisiatif DPR RI. Selanjutnya tinggal menunggu amanat presiden, kementerian-kementerian apa saja yang akan ditugaskan untuk membahasnya.

"Kita tunggu langkah nyata dari pemerintah untuk menyelesaikan RUU ini," tegasnya.

Kondisi inilah yang melatarbelakangi disusunnya Rancangan Undang-Undang tentang Kesehatan Jiwa. Ketika ditanya berapa jumlah sebenarnya masyarakat Indonesia yang mengalami gangguan jiwa, Nova menjelaskan pada saat terjadi bencana alam saja, kurang lebih 10% orang di penampungan bisa mengalami gangguan jiwa. "Itu baru bencana, belum lagi yang kita lihat," tukas Nova.

Seharusnya kita tahu bahwa akar permasalahannya adalah kesehatan jiwa yang tidak dirawat dengan baik. Ada tawuran, pembunuhan, mutilasi, dan ada banyak hal orang yang mudah sekali orang membakar orang dan melakukan tindakan-tindakan yang seharusnya merasa resah kalau melihat itu," papar Nova.

Katanya, hasil riset memperlihatkan ganguan jiwa berat paling tinggi angkanya di Jakarta.

"Semua ini bergerak dengan data, angka, dan gejala-gejala atau fenomena-fenomena yang muncul di masyarakat, dan juga kita harus melihat bagaimana masyarakat kita ini harus siap menghadapi bencana alam dan dampak terhadap gangguan jiwa yang merupakan suatu kondisi yang tidak bisa terelakan pada saat suatu wilayah itu terkena bencana alam," paparnya. (A-109/A_88)***

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment