Thursday, November 7, 2013

[batavia-news] Presiden Buka Forum Bali Demokrasi

 

res: SBY tukang jual jamu koyok alias penipu besar, sebab kalau  benar hak minoritas perlu dilindungi seperti dikatakannya, maka dia tidak akan mensponsor lakar jihad cs ke Sulawesi Tengah dan Maluku untuk membasmi kaum Nasrani. Dia juga sebagai presiden tidak akan membiarkan FPI dan konco-konco mereka mengobrak-abrik kaum Syiah dan dia tidak akan berlagak buta, tuli dan bisu terhadap serangan-serangan FPI cs pada rumah ibadah dan kebaktian umat Nasrani.  Dia pun membual tentang kesejahteraan di Papua, karena sesuai sensus BPS 2010 Papua dan berbagai wilayah di Timur Indonesia adalah wilayah termiskin.
 
 
07 November 2013 | 12:51 wib
 
 
Presiden Buka Forum Bali Demokrasi
 


BALI, suaramerdeka.com -
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Kamis (7/11), resmi membuka Forum Bali Demokrasi (BDF) ke-6 di Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC). Di hadapan delegasi dari 86 negara, presiden berbagi pengalaman cara Indonesia mempertahankan sistem demokrasinya.

Presiden mengatakan, ada empat kunci harmonisnya sistem demokrasi sebuah negara. Pertama, pemerintah harus menjamin hak konstitusional bagi semua warga negara.

"Hak ini termasuk kebebasan beragama, mengutarakan pendapat, setara di mata hukum, tidak ada diskriminasi, melindungi kaum minoritas dan proses hukum yang berimbang," ungkap SBY.

Indonesia, lanjut SBY, telah memberikan makna dan landasan terhadap hukum dan regulasi dalam penegakkan hak-hak itu.

"Kami juga terus mempromosikan sebuah budaya hormat terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), kebebasan terhadap pers dan partisipasi dalam masyarakat sipil sosial," imbuhnya.

Kedua, katanya, yakni penegakkan supremasi hukum harus selalu ditegakkan. "Hak dasar dan fundamental seorang individu sebagaimana yang tercantum dalam konstitusi, Undang-Undang dan peraturan lain yang relevan, harus dihormati," kata dia.

Hak yang dihormati, lanjut SBY, tidak saja yang berasal dari kaum mayoritas, namun hak kaum minoritas pun juga perlu untuk dilindungi.

Tips ketiga, Pemerintah suatu negara, kata SBY harus melibatkan peran rakyat dalam pengambilan sebuah kebijakan. Apalagi jika kebijakan itu turut mempengaruhi kehidupan mereka. "Kita semua harus menciptakan sebuaah lingkungan di mana setiap individu dapat merasakan keterlibatan dari hasil kebijakan yang sudah dibuat," ujar SBY.

Dalam hal ini, SBY mencontohkan sistem pemerintahan desentralisasi yang berada di daerah. Cara ini dinilai ampuh, karena berhasil mengakhiri masa tiga dekade pemberontakan separatis di Provinsi DI Aceh.

"Cara ini juga terbukti dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga di Provinsi Papua dan Papua Barat," kata dia.

Tips keempat, adanya interaksi antar komunal yang harus terus dipromosikan. Hal ini untuk meningkatkan rasa saling pengertian, toleransi dan kohesi sosial.

SBY turut menyebut sistem multi partai di Indonesia, turut memberikan tantangan dan kesempatan dalam upaya mempertahankan konsolidasi demokrasi di dalam negeri.

Acara yang berlangsung hingga Jumat (8/11) itu, turut dihadiri Pemimpin Brunei Sultan Hassanal Bolkiah dan Perdana Menteri Timor Timur Xanana Gusmao. Dalam penyelenggaraan tahun ini, Indonesia mengambil tema Mengkonsolidasikan Demokrasi Dalam Masyarakat yang Plural.

Tujuannya untuk mendorong pemajuan prinsip-prinsip demokrasi dan hak asasi manusia.

Dalam penyelenggaraan BDF tahun ini, format acara dikembalikan kepada konsep semula, yakni pertemuan dilakukan di tingkat Menteri dengan pengecualiaan beberapa Kepala Negara yang bersedia hadir.

Sementara Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, menekankan pentingnya sebuah organisasi bernama Institut untuk Perdamaiaan dan Demokrasi (IPD).

Institut ini berada di dalam Universitas Udayana. Beberapa negara seperti Myanmar, Tunisia dan Mesir telah menggunakan forum dialog yang diselenggarakan IPD untuk bertukar pandangan mengenai sistem demokrasi di masing-masing negara.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment