Friday, November 8, 2013

[media-jabar] Dibutuhkan Relawan: Asisten Peneliti di Remotivi

 

Dibutuhkan Relawan: Asisten Peneliti di Remotivi

Divisi Penelitian Remotivi membutuhkan 6 orang relawan sebagai Asisten Peneliti dalam penelitian bertajuk "Independensi Media Menjelang Pemilu 2014". Penelitian ini bermaksud mengambarkan sejauh apa ekploitasi televisi oleh kepentingan ekonomi-politik pemiliknya. Di tengah situasi konglomerasi media kini, ditambah kawin-mawinnya dengan kekuatan politik, sesungguhnya publik membutuhkan kejernihan perspektif dalam menimbang dan menilai informasi-informasi yang dikirim media. Karenanya, upaya mengangkat problem dan mengevaluasi kerja media dalam menyajikan informasi ke hadapan publik luas menjadi signifikan, apalagi dalam konteks Pemilu 2014. Dan atas dasar itulah kami melakukan penelitian ini. Kami mengajak kawan-kawan muda yang peduli pada kedaulatan publik atas frekuensi dan memenuhi syarat dan ketentuan seperti di bawah, untuk  berkarya bersama kami.
 
Tugas dan Tanggung Jawab:
 
  1. Melakukan coding analisis isi terhadap siaran berita dan non-berita selama 14 hari di 6 stasiun televisi
  2. Mengikuti pelatihan singkat sebelum memulai penelitian
  3. Menyelesaikan pekerjaan berdasar waktu yang telah ditentukan
  4. Mayoritas pekerjaan dilakukan di rumah masing-masing, dengan sesekali datang ke kantor Remotivi untuk melakukan kordinasi, mengambil data, dan mendiskusikan hasil coding.
 
Persyaratan
 
  1. Berstatus mahasiswa S1, laki-laki atau perempuan, dari berbagai latar bidang studi
  2. Diutamakan bagi mahasiswa Jurusan Komunikasi atau yang pernah terlibat dalam penelitian analisis isi
  3. Memiliki minat pada isu media dan politik
  4. Berkomitmen melakukan penelitian hingga selesai (1,5 s/d 2 bulan)
  5. Berdomisili di Jabodetabek
  6. Memiliki laptop atau computer pribadi yang memadai untuk memutar video
  7. Pribadi yang memiliki keinginan untuk belajar dan bekerja bagi publik
  8. Bersedia menerima imbalan sebatas ongkos transportasi
 
 
Bagi rekan-rekan yang tertarik, silakan kirimkan lembar riwayat pendidikan dan alasan ketertarikan menjadi relawan dalam program ini (ditulis dalam badan e-mail, tidak lebih dari dua paragraf) melalui kotaksurat@remotivi.or.id selambat-lambatnya 18 November 2013. Setiap e-mail yang masuk akan menerima konfirmasi kembali dari Remotivi. Dan bagi Anda yang memenuhi kualifikasi akan diundang datang wawancara. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kordinator Divisi Penelitian Remotivi Muhamad Heychael di 085715324144.
 
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment