Monday, November 4, 2013

[batavia-news] Sengketa Lahan Sawit di Riau Berujung Bentrok, Warga Bakar 2 Mobil

 

res : Apakah perkebunan sawit memberikan keuntungan dalam peningkatan nilai kehidupan bagi penduduk di sekitar perkebunan?
 
 
 
Selasa, 05/11/2013 03:37 WIB

Sengketa Lahan Sawit di Riau Berujung Bentrok, Warga Bakar 2 Mobil

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Pekanbaru - Sengketa lahan di Riau kembali berujung bentrokan. Kali ini warga Kabupaten Inhu, Riau dengan perusahaan sawit PT Tunggal Perkasa. Akibat bentrokan tersebut, satu korban luka-luka dan dua unit mobil perusahaan dibakar warga.

"Malam ini kami masih berjaga-jaga di perbatasan desa dengan perusahaan perkebunan sawit. Tadi siang bentrok terjadi, 4 warga kami terluka, satu di antaranya harus rawat inap di rumah sakit," kata tokoh masyarakat Desa Air Putih bernama Hatta Munir di lokasi, Kecamatan Sungai Lala, Inhu, Riau, Senin (4/11/2013).

Hatta menjelaskan, bentrokan yang terjadi sekitar 200 Km arah timur dari Pekanbaru ini dipicu oleh kemarahan warga karena perusahaan tak juga membayar ganti rugi tanah yang dicaplok. Bentrok kali ini bukan kali pertama terjadi.

"Awalnya sudah ada kesepakatan dengan pihak perusahaan yang disaksikan Pemda dan pihak kepolisian. Kedua belah pihak tidak boleh memanen buah sawit di lahan yang sengketa. Namun Senin (4/11) ini, pihak perusahaan ingkar janji. Warga protes tapi pihak perusahaan malah bertindak anarkis," kata Hatta.

Pihak perusahaan kemudian mengumpulkan para karyawannya untuk menghalau warga. Bentrokan tak terhindar dan warga yang marah lantas membakar dua unit mobil milik perusahaan bersama muatannya yakni sawit.

"Wajar warga kami marah. Karena warga kami si Leman yang usianya 60 tahun dipukul kepalanya pakai batu. Sekarang korban ada di rumah sakit. Dari sana warga berkumpul untuk melakukan pembalasan kepada pihak perusahaan," kata Hatta.

Manajer PT Tunggal Perkasa Plantation Sumarno tidak bersedia menjawab telepon dari detikcom saat hendak dikonfirmasi. Pesan singkat yang dilayangkan juga tak terbalas.

Namun Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo membenarkan adanya bentrokan tersebut. Polda Riau kini mengirimkan jajaran anggota Brimob ke lokasi kejadian.

"Tim Brimob sudah kita kirim ke lokasi. Mungkin malam ini sudah sampai," kata Guntur terpisah.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment