Tuesday, November 19, 2013

[media-jabar] Siaran Pers FK3I : Gempala Ujung Tombak Pengawasan Hutan

 

Siaran Pers

Generasi Muda Pecinta Alam (GEMPALA)

Sebagai Ujung Tombak Bangsa dalam Pengawasan Hutan

     Generasi muda khususnya Kelompok Pecinta Alam diharapkan menjadi pionir dalam mewujudkan pengelolaan hutan yang bertanggungjawab, menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tehadap kecintaan pada alam, mengingat kualitas lingkungan hidup dari hari ke hari semakin menurun. Krisis lingkungan hidup yang kita alami saat ini, salah satunya disebabkan oleh kesalahpahaman cara pandang manusia yang masih menempatkan diri sebagai pusat dari segala alam. Kesalahan cara pandang tersebut telah menyebabkan krisis lingkungan berkepanjangan, dan sumber permasalahan tersebut terletak pada masalah moral manusia yang tidak sepenuhnya mematuhi etika lingkungan.Generasi Muda Pecinta Alam mempunyai potensi yang luar biasa selain Muda,Tangguh,Kreatif,Inovatif,dan mempunyai kecintaan terhadap alam secara relawan.Atas dasar kecintaan nya tersebut maka dipandang perlu Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kehutanan memberikan apresiasi pengakuan yang sebanding dengan apa yang telah mereka lakukan

Pertemuan multipihak Generasi Muda Pecinta Alam (GEMPALA)  perlu terus dilakukan guna menyatukan dan memperkuat jaringan kerja Kementerian Kehutanan dengan generasi muda khususnya para kelompok pencinta alam.juga sebagai ajang berbagi informasi,kegiatan dan silaturahmi antar gempala di seluruh Indonesia.Pertemuan berupa dialog interaktif antara Menteri Kehutanan dengan para kelompok pencinta alam se-Indonesia, para pejabat eselon I dan II lingkup Kemenhut serta Para Kepala UPT lingkup Ditjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam.penting digagas dalam mewujudkan pengelolaan hutan yang bertanggungjawab, menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat tehadap kecintaan pada alam, mengingat kualitas lingkungan hidup dari hari ke hari semakin menurun. Krisis lingkungan hidup yang kita alami saat ini, salah satunya disebabkan oleh kesalahpahaman cara pandang manusia yang masih menempatkan diri sebagai pusat dari segala alam. Kesalahan cara pandang tersebut telah menyebabkan krisis lingkungan berkepanjangan, dan sumber permasalahan tersebut terletak pada masalah moral manusia yang tidak sepenuhnya mematuhi etika lingkungan.

Penanaman nilai moral tersebut tidak dapat dilakukan secara mendadak, namun harus mengikuti perjalanan hidup manusia, dari anak-anak hingga usia tua, atau kita kenal dengan istilah pendidikan sepanjang usia (long life education). Kalangan generasi muda, sebagai tulang punggung penerus kehidupan bangsa dan penerus pembangunan di masa depan mempunyai peranan sangat vital di dalam upaya konservasi alam dan lingkungan. Kalangan generasi muda diharapkan dapat berperan aktif dibidang konservasi alam, dengan lebih menggiatkan kegiatan penelitian di bidang konservasi, dengan penemuan-penemuan atau inovasi-inovasi terbaru yang dapat digunakan sebagai solusi permasalahan di bidang konservasi, dan dengan keterlibatan lebih aktif dalam dunia kooservasi.

Dengan dikemas melalui kegiatanJambore Nasional di lokasi terbuka sangat cocok dengan aktivitas yang sering dilakukan Kelompok Pecinta Alam dan juga kementerian kehutanan agar pertemuan dapat selaras dan terintegitas dengan didukung suasana yang nyata.

Maka dari itu kami berharap ke depan kegiatan kegiatan di atas dapat terlaksana dan menghasilkan gagasan yang baik guna menyikapi kondisi sumber daya alam yang perlu dijaga bersama

Hal ini digagas karena maraknya kegiatan sosialisasi,workshop ataupun pertemuan lainnya yang sering digagas di dalam ruangan ataupun hotel yang mewah sehingga tidak terserapnya sdm kpa yang sangat banyak dan tidak keluarnya masukan dan sinrgis yang nyata sejauh mana kerjasama GEMPALA dengan Kemenhut.

Bandung,19 November 2013

 

 

Dedi Kurniawan/081394793750

Koordinator PUSAT FK3I

Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia

 

 


--
"Selamatkan Rakyat dan Pulihkan Lingkungan Hidup Jawa Barat"
 ***********************************************************************************************
 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Barat
 Jalan Piit Nomor 5 Bandung 40133
 Telp/Fax. +62 22 250 7740
 E-mail : jabar@walhi.or.id, walhijabar@gmail.com, walhi@walhijabar.org
 Tweeter :@walhijabar
 Website : www.walhijabar.org
 Donasi Publik Bank Mandiri No Rekening 131-00-0992585-2 atas nama Walhi Jawa Barat
 ***********************************************************************************************

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment