Tuesday, November 19, 2013

[batavia-news] "Mendidik Perempuan Berarti Mendidik Satu Generasi"

 

res : Ucapannya bagus sekali, cuma saja apa yang dilakukan tidak sesuai dengan yang diucapkan, sebab kalu dilakukan maka tidak ada ratusan ribu wanita dikirim menjadi babu, terutama di tanah Arab. Apakah ibu negara pernah mengunjungi, bertemu dan mempertanyakan keadaan PRT teristimewa di negeri-negeri Arab?
 
 

Selasa, 12 Nopember 2013

 

"Mendidik Perempuan Berarti Mendidik Satu Generasi"

 

Depok, Jabar: Untuk memajukan sebuah bangsa, maka yang pertama kali harus dimajukan adalah kaum perempuan karena perempuanlah yang memegang peranan penting untuk menjadi ibu dalam mendidik anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Mendidik kaum perempuan berarti mendidik satu generasi. Terima kasih atas pengakuan itu Bapak Arief Rahman, kadang-kadang (peran perempuan) suka kurang diakui," kata Ibu Negara Ani Yudhoyono, menyitir pandangan tokoh pendidikan Arief Rahman.

Arief Rahman hadir dan memberi pandangan pada acara penyerahan penghargaan Tokoh Pemberdayaan Perempuan untuk Ibu Ani, dari L'Oreal-Unesco for Women in Science di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI), Kampus UI Depok, Jabar, Selasa (12/11) siang. Anak yang berkualitas, lanjut Ibu Ani, insya Allah dihasilkan dari perempuan yang berkualitas pula.

Demi untuk memajukan pendidikan anak-anak Indonesia dan mewujudkan kemajuan bangsa, maka Ibu Negara bersama dengan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) melaksanakan program 'Bersama Menuju Indonesia Sejahtera'. Program tersebut sudah dimulai sejak tahun pertama mendampingi Presiden SBY memimpin Indonesia.

Program 'Bersama Menuju Indonesia Sejahtera' tersebut meliputi Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Kreatif, Indonesia Peduli, dan Indonesia Hijau. Program Indonesia Pintar bertujuan memenuhi fasilitas belajar bagi anak-anak yang tidak terjangkau melalui Rumah Pintar (Rumpin), Mobil Pintar (Mobpin), Motor Pintar (Motpin), dan Kapal Pintar (Kapin). Program ini diaplikasikan dengan metode pengajaran yang menyenangkan, bermakna, dan terpadu.

Sejak diluncurkan 2005 lalu sampai sekarang ini sudah ada 155 unit mobpin, 410 motpin, 6 unit kapin, dan 361 rumpin di seluruh Indonesia. Semua sarana tersebut dilengkapi dengan fasilitas sentra buku, permainan edukatif, komputer, audio visual dan panggung, dan khusus rumah pintar dilengkapi dengan sentra kriya. Ibu Ani dan SIKIB menargetkan bisa terbangun 500 Rumpin pada tahun 2014.

"Aktivitas di Rumpin diharapkan dapat menggali daya kreativitas yang berbasis pada potensi yang ada sehingga diharapkan kehadirannya benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar," Ibu Ani menjelaskan.

Ibu Ani bersama SIKIB bahkan juga mengirimkan 2 unit mobpin ke Lebanon yang dioperasikan oleh Pasukan Garuda yang bertugas menjaga perdamaian di Lebanon. "Sasaran utamanya memberikan pembelajaran dan hiburan kepada anak-anak di sana," Ibu Ani menambahkan.

Ibu Ani juga mengajak semua pihak untuk bekerjasama dengan SIKIB guna mewujudkan sebuah mimpi, yaitu suatu hari nanti semua rumah di Indonesia menjadi Rumpin. "Dalam arti masing-masing keluarga sudah bisa menyediakan sarana pendidikan yang memadai bagi putra-putrinya sehingga tidak ada lagi anak Indonesia yang buta huruf dan buta teknologi," ujar Ibu Ani.

Pada tahun 2010, program Indonesia Pintar mendapat dukungan dari pemerintah dengan menyatakan Indonesia Pintar sebagai satuan pendidikan nonformal, melalui UU Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, pasal 6 ayat 4, yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pada kesempatanm ini Ibu Negara juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada dewan juri L'Oreal-Unesco for Women in Science yang telah menghasilkan lima perempuan peneliti tingkat dunia. Ibu Ani berharap perempuan Indonesia terpacu untuk menyenangi dan mengambil profesi sebagai peneliti. (yun)

Twitter: @websitepreside

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment