Thursday, November 21, 2013

[batavia-news] Politik Uang pada Pemilu 2014 Diprediksi Tinggi

 

 
22 November 2013 | 01:24 wib
 
 
Politik Uang pada Pemilu 2014 Diprediksi Tinggi
 0
 
 1

GROBOGAN, suaramerdeka.com - Politik uang pada Pemilu Legislatif dan DPD 2014 diprediksi akan tinggi. Hal itu diindikasikan dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Pengkajian Pembangunan daerah (LPPD) Jateng pada Oktober 2013.

Hasil survey dengan metode wawancara 6.000 responden se-Jateng, 20,9 persen mengaku menunggu diberikan uang sebagai imbalan mencoblos. Sejumlah 10,6 persen mengaku mengaku belum ditemui tim sukses yang tidak lain tujuannya ngin memproleh imbalan.

"Budaya kapitalis masuk dalam pemilu. Seperti proses jual beli, mereka menawarkan suara untuk memperoleh untung yang banyak," kata Direktur Eksekutif LPPD Jateng Teguh Yuwono pada acara semiloka dan kerjasama peningkatan partisipasi pemilih di Kantor KPU Grobogan, Kamis (21/11).

Saat ditanya lebih detail, lanjutnya, 58,8 persen responden menjawab bentuk imbalan yang diinginkan berupa uang. Sementara 38,6 persen menginginkan bantuan kolektif seperti bantuan pembangunan masjid, jalan dan modal usaha bersama.

Selain pemberian uang, sejumlah alasan lainnya juga dikemukakan responden yang belum menentukan pilihan. Sebanyak 1,8 persen mengaku tidak ada calon yang menjanjikan, 1,8 persen program calon kurang bagus, 9,4 persen menunggu arahan tokoh, 4,3 persen menunggu arahan perangkat desa.

Sebanyak 5,6 persen belum menentukan pilihan, 17,8 persen bingung, 0,3 persen mengaku tidak mencoblos, 6,3 persen tidak tahu dan 17,2 persen tidak menjawab. Perhitungan margin eror 2,9 persen.

Kandidat Doktor Ilmu Pemeritahan dan Analis Politik Undip ini mengatakan sebenarnya hanya sekitar lima persen saja masyarakat yang benar-benar terindikasi kuat akan golput. Sementara pemilih yang menunggu adanya 'serangan fajar' dinilai menjadi faktor penentu lain tentang tinggi rendahnya angka partisipasi.

"Budaya uang lahir karena pemilih dan calon yang akan dipilih. Seperti ayam dan telor, duluan mana? Tapi ini semestinya tidak boleh. Harus diberikan kesadaran tentang demokrasi," kata Teguh.

 

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment