Saturday, November 23, 2013

[batavia-news] Ribuan TKI Overstay di Saudi Belum Dapat Makan

 

Mengapa belum dapat makan?
 
 

Ribuan TKI Overstay di Saudi Belum Dapat Makan

 
Ribuan TKI Overstay di Saudi Belum Dapat Makan

Tenaga kerja Indonesia korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) tiba di terminal TKI, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (28/1). Mereka segera dipulangkan ke daerah asal. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta--Relawan pendamping tenaga kerja Indonesia overstay di Arab Saudi Thobibuddin mengatakan saat ini sekitar 8.500 TKI yang ditampung di Penjara Imigrasi Sumaisyi belum mendapat makan siang. Ribuan pekerja yang terjaring sweeping tersebut baru diberi sarapan roti.

"Mereka baru sarapan roti dan keju tadi pagi (pukul 10.00 waktu setempat)," kata Thobibuddin, 35 tahun, Rabu, 6 November 2013. Designer autoCAD yang sudah bekerja di Arab Saudi sejak 9 tahun lalu itu bergabung dengan para TKI lain untuk mendampingi TKI yang overstay dan tak kunjung mendapat dokumen kerja sampai batas waktu amnesti habis per 3 November 2013 lalu.

Sebelumnya, kata Thobib, sekitar 7.000 TKI yang diangkut dari kolong jembatan Falastine, Jeddah, ke Penjara Imgirasi Sumaisyi sempat tak diberi makan selama 24 jam, Senin, 4 November 2013 waktu setempat. Suplai makanan dan minuman baru datang dari Konsulat Jendral Republik Indonesia sehari kemudian, Selasa, 5 November 2013 waktu setempat. "Itu pun tak semua kebagian," kata Thobibuddin.

Tarhil Sumaisyi, kata Thobib, merupakan penjara imigrasi yang terletak di Distrik Sumaisyi. Letaknya di antara Jeddah dan Mekkah. "Sekitar 45 kilometer dari Jeddah," kata Thobib.

Selain belum mendapat makan, kata Thobib, ibu-ibu juga mengeluhkan tak mendapat susu untuk bayi-bayi mereka. Mereka tak boleh keluar dari penjara untuk membeli susu buat anak-anaknya. "Apa Tarhil Sumaisyi akan jadi kuburan massal TKI overstay," kata Thobib.

Kepala Badan Nasional Pusat Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Jumhur Hidayat belum bisa dikofirmasi terkait kondisi ribuan TKI di Tarhil Sumaisyi. Konfirmasi Tempo lewat telepon belum direspon.

KHAIRUL ANAM

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment