Sunday, November 17, 2013

[media-jabar] Ditunggu: Argumen Cerdas dari Industri TV

 

Ditunggu: Argumen Cerdas dari Industri TV
Oleh: Nina Mutmainnah Armando
Industri TV kompak menolak draf peraturan "Pengaturan Pemanfaatan Lembaga Penyiaran untuk Kepentingan Politik" yang dirancang Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Demikian pemberitaan Remotivi dalam "Kampanye Politik Hendak Diatur, Industri TV Kompak Menolak" (15/11).
Disebutkan dalam berita tersebut bahwa menurut KPI, peraturan itu dibuat untuk menanggapi keresahan masyarakat atas berbagai indikasi penyalahgunaan frekuensi yang dilakukan terutama oleh para pemilik media penyiaran demi kepentingan politiknya. Draf tersebut memang masih perlu dianalisis dengan cermat, namun langkah KPI untuk menjawab keresahan publik selama ini atas terang-benderangnya frekuensi yang dipakai untuk kepentingan para aktor politik dalam industri TV tentu  langkah yang patut diapresiasi. 
Berita yang ditulis Indah Wulandari tersebut menyebutkan: 
"Mayoritas peserta diskusi yang kebanyakan merupakan perwakilan industri TV dengan kompak menolak peraturan tersebut dengan beragam alasan: dari tumpang tindih dengan aturan pemilu yang dibuat KPU, wilayah politik dalam layar kaca bukan termasuk kewenangan KPI, banyaknya peraturan yang membuat lembaga penyiaran bingung, hingga alasan bahwa industri penyiaran yang sudah berada di era kebebasan kini diatur lagi seperti zaman Orde Baru."
Perwakilan industri televisi yang diberitakan hadir dan seragam menolak aturan ini adalah Indosiar, MNC TV, RCTI, Trans 7, dan Metro TV.
Mari kita dalami alasan-alasan yang diajukan mereka.
Alasan pertama: peraturan KPI ini tumpang tindih dengan aturan Pemilu yang dibuat KPU. Alasan ini tampaknya diajukan dengan terburu-buru sebelum mencermati pasal demi pasal draf peraturan KPI dan peraturan KPU. Menelaah peraturan inilah yang harus dilakukan terlebih dahulu oleh para pemangku kepentingan dalam dunia penyiaran.

Baca selengkapnya >> www.remotivi.or.id 
--
REMOTIVI
"Hidupkan Televisimu, Hidupkan Pikiranmu"
www.remotivi.or.idTwitter | Facebook


Remotivi adalah sebuah inisiatif warga untuk kerja pemantauan tayangan televisi di Indonesia. Cakupan kerjanya turut meliputi aktivitas pendidikan melek media dan advokasi yang bertujuan (1) mengembangkan tingkat kemelekmediaan masyarakat, (2) menumbuhkan, mengelola, dan merawat sikap kritis masyarakat terhadap televisi, dan (3) mendorong profesionalisme pekerja televisi untuk menghasilkan tayangan yang bermutu, sehat, dan mendidik.

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
Recent Activity:
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment