Tuesday, February 11, 2014

[batavia-news] Gaji Guru Di NTT Dan Aceh Terlambat Enam Bulan

 

res: NTT dan Aceh adalah dua dari propinsi-propinsi yang disebut propinsi termiskin dalam sensus BPS 2010, jadi sebagai masyarakat termiskin tentu gaji guru pun dilambatkan untuk dibayar.
 
 

Gaji Guru Di NTT Dan Aceh Terlambat Enam Bulan
Selasa, 11 Februari 2014 | 18:39

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ajak para guru tidak golput saat pemilu. [poskota.com] Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ajak para guru tidak golput saat pemilu. [poskota.com]

[JAKARTA] Para guru di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Aceh tidak lagi menerima gaji atau tunjangan profesi selama kurang lebih enam bulan. Keterlambatan pembayaran gaji sangat membebankan mereka.

Karena itu, pemerintah diminta segera membayarkan gaji para guru di dua provinsi itu, agar proses belajar mengajar tetap berjalan lancar.

Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Zulbahri Madjid  di Jakarta, Selasa (11/2),  menyatakan, penyaluran tunjangan profesi guru, baik untuk guru sekolah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) maupun untuk guru sekolah Kementerian Agama (Kemenag), bermasalah di sejumlah daerah, seperti Aceh dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Para guru di dua provinsi itu tidak memperoleh tunjangannya atau gaji, kendati mereka memiliki sertifikat profesi.

Selain itu, penyaluaran dananya pun sering terlambat. "Kalaupun mereka menerima tunjangan, dananya sering terlambat hingga enam bulan," katanya.

Di Nusa Tenggara Timur, kata dia, selain terlambat, tunjangan guru tidak diterima utuh karena dipotong Rp 3 juta per orang.  

Ia mengatakan, masalah ini sudah disampaikan ke pemerintah dalam  rapat kerja (raker) Komite IV DPD Ri dengan Kementerian Agama (Kemenag) yang  diwakili Wakil Menteri Agama (Wamenag), Nasaruddin Umar, Sekretaris Jenderal Kemenag Bahrul Hayat; Kementerian Kebudayaan (Kemdikbud) yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kemdikbud, Hamid Muhammad, serta Inspektur Jenderal Kemdikbud Haryono Umar; dan Kepala BPKP Mardiasmo di Gedung DPD, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2).

Komite IV DPD RI mengingatkan kedua kementerian tersebut agar segera menyalurkan tunjangan profesi guru di sejumlah daerah itu.

"Pembayarannya bertahap ditargetkan sejak pekan keempat bulan Maret 2014, baik tunjangan profesi guru sekolah Kemdikbud maupun guru sekolah Kemenag," katanya.

Berdasarkan perhitungan Kemdikbud, tunjangan profesi guru yang terhutang selama tahun 2010-2013 berjumlah Rp 8,033 triliun.

Sedangkan perhitungan Kemenag, tunjangan profesi guru yang terhutang selama tahun 2008-2013 berjumlah Rp 3,056 triliun.

Hasil desk review BPKP atas penyaluran tunjangan profesi guru yang terhutang untuk guru sekolah Kemdikbud di 420 kabupaten/kota Rp 4,25 triliun (tahun 2010-2013).

Sedangkan untuk guru sekolah Kemenag Rp 4,70 triliun (tahun 2008-2013). [L-8]

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment