Sunday, February 9, 2014

[batavia-news] PSK ”Sakit Hati” Paling Sulit Dibina

 

 

PSK "Sakit Hati" Paling Sulit Dibina

RAZIA: Petugas Satpol PP dibantu anggota TNI mengamankan seorang PSK.
RAZIA: Petugas Satpol PP dibantu anggota TNI mengamankan seorang PSK.
 

TARAKAN – Untuk melakukan pembinaan dan pemberdayaan terhadap para pekerja seks komersial (PSK) atau wanita penjaja seks (WPS), diakui pihak Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tarakan cukup sulit. Padahal setiap tahun program itu dilakukan, dan anggaran yang disediakan pun tak sedikit. Pun begitu, kata Agus Sutanto, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Tarakan, pembinaan dan pemberdayaan terhadap kaum marjinal itu harus tetap dilakukan.

Baik berbentuk pembinaan mental maupun keterampilan. "Memang sangat susah untuk membina dan memberdayakan mereka, apalagi latar belakang penyebabnya tidak semua sama. Kita harus mendalami kasus mereka satu persatu dan mencari solusi yang tepat," terangnya. Latar belakang permasalahan yang membuat para wanita tersebut menjadi penjaja seks, bukan hanya faktor ekonomi namun juga rasa sakit hati atau broken home. Menurutnya, dari sejumlah permasalahan yang ada, mereka yang mempunyai latar belakang permasalahan finansial dan ekonomis, paling mudah untuk diberdayakan.

Pasalnya, mereka hanya diberikan keterampilan dan menerapkannya sehingga mempunyai penghasilan tetap. "Untuk yang bermasalah dengan ekonomi, kita upayakan mereka untuk mendapatkan pengahasilan yang tetap dan layak. Namun, jika dari faktor keluarga dan sakit hati itu yang sangat susah," ungkapnya. Tahun ini, prioritas kegiatan pembinaan dan pemberdayaan tetap sama seperti tahun sebelumnya.

Yakni para wanita penjaja seks yang ada di daerah terlokalisir, Karang Agas dan Sei Bengawan. Dikatakan Agus, ada 69 wanita penjaja seks yang menjadi sasaran pembinaan dan pemberdayaan di dua lokalisasi itu. "Pemberdayaan yang kami lakukan, diantaranya menjahit, dan mungkin akan dikembangkan lagi," ungkapnya seraya mengakui bahwa tingkat keberhasilan dari kegiatan pembinaan dan pemberdayaan yang selama ini dilakukan, tak begitu signifikan. (*/aan/ndy/jpnn)

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (1)
http://groups.yahoo.com/group/batavia-news
to Subscribe via email :
batavia-news-subscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------
VISIT Batavia News Blog
http://batavia-news-networks.blogspot.com/
----------------------------
You could be Earning Instant Cash Deposits
in the Next 30 Minutes
No harm to try - Please Click
http://tinyurl.com/bimagroup 
--------------
.

__,_._,___

No comments:

Post a Comment